Follow Us

‘Ob-La-Di, Ob-La-Da’ dari The Beatles Disebut Sebagai Lagu Pop yang Paling Sempurna

Ricky Nugraha - Rabu, 09 Agustus 2023 | 13:15
The Beatles
BBC

The Beatles

HAI-online.com - "Ob-La-Di, Ob-La-Da", lagu milik band rock legendaris The Beatles yang dirilis tahun 1968 telah dinyatakan sebagai lagu pop paling sempurna oleh para peneliti di Max Planck Institute, Jerman.

Para peneliti tersebut telah menganalisis 80.000 progresi chord berbeda dari 700 lagu yang direkam antara tahun 1958 dan 1991.

Mereka menggunakan teknologi yang mampu memberikan skor pada masing-masing chord berdasarkan seberapa "mengejutkan"-nya dibandingkan dengan chord yang mendahuluinya.

Urutan chord dari 30 lagu kemudian didengarkan kepada 39 volunteer, dengan lirik dan melodi yang dihilangkan supaya membuat lagu tersebut nggak gampang dikenali.

Baca Juga: Ini Dia Lagu The Beatles yang Bikin John Lennon Nyesel Nulisnya!

Para relawan kemudian diminta untuk menilai seberapa menyenangkan perasaan mereka merasakan setiap chord.

Penelitian ini menemukan bahwa ketika para relawan merasa cukup yakin akan chord apa yang akan muncul selanjutnya, mereka senang terkejut.

Penelitian ini juga menemukan bahwa keterkejutan akan jalannya lagu, menyebabkan pergerakan bagian otak yang berhubungan dengan kesenangan dalam bermusik.

Menurut The Times, seorang mahasiswa PhD di institut tersebut yang bernama Vincent Cheung, mengatakan: "Sangat menarik bahwa manusia mendapatkan kesenangan dari sepotong musik hanya berdasarkan rentetan nada dari waktu ke waktu."

Baca Juga: 5 Album Solo Personel The Beatles yang Ngelihatin Jatuh Bangun Mereka Setelah Bubar

"Lagu-lagu yang menurut kami menyenangkan merupakan keseimbangan yang baik antara kita mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya dan mengejutkan dengan sesuatu yang tidak kita duga sebelumnya," ujarnya.

"Ob-La-Di, Ob-La-Da" adalah lagu paling dekat dengan definisi "sempurna" menurut para peneliti tersebut. Di bawahnya ada "Invisible Touch" milik Genesis, dan "Hooked on a Feeling" milik BJ Thomas.

The Jackson 5 - "I Want You Back", The La’s - "There She Goes", Van Halen - "When It’s Love" dan UB40 - "Red Red Wine" juga mendapatkan skor yang tinggi.

Source : NME.com

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular