Follow Us

Keren, Gadis 14 Tahun Ini Temukan Solusi Atasi Titik Buta Dalam Mobil

Ricky Nugraha - Senin, 04 November 2019 | 12:30
Teknologi yang diciptakan Alaina untuk atasi titik buta dalam mobil
YouTube/Paul Gassler

Teknologi yang diciptakan Alaina untuk atasi titik buta dalam mobil

HAI-online.com - Seorang gadis berusia 14 tahun asal Pennsylvania baru saja menemukan suatu solusi inovatif untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan yang bisa disebabkan oleh pengendara mobil kepada para pejalan kaki.

Inovasi yang ditemukannya ini adalah menghilangkan titik-titik buta di dalam mobil dengan memproyeksikan bagian luar pada pilar-pilar di dalam mobil.

Titik buta dalam mobil memang jadi masalah tersendiri bagi pengemudi mobil. Selain mengganggu pandangan, menurut Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) AS, lebih dari 840.000 kecelakaan mobil disebabkan oleh titik buta ini.

Titik-titik yang nggak bisa dilihat langsung oleh pengemudi ini sering menyebabkan insiden yang mengakibatkan kerusakan properti yang serius dan dalam beberapa kasus bahkan menyebabkan kematian.

Baca Juga: Kini di Waze Kita Bisa Lihat Tarif Jalan Tol Seluruh Indonesia

Alaina Gassler
YouTube/SocietyforScience

Alaina Gassler

Atas dasar itu, cewek bernama Alaina Gassler ini menciptakan inovasinya tersebut. Ia mengirimkan penemuannya itu ke kompetisi Broadcom MASTERS (Math, Applied Science, Technology, and Engineering for Rising Stars).

Material dari cetak 3D yang dibuatnya bersama sebuah webcam dan proyektok, memberikan visual instan akan apa yang terjadi di sisi luar pilar mobil.

Atas penemuannya ini, Alaina Gassler diberikan penghargaan berupa uang senilai $25.000 atau sekitar Rp 350 juta dari Samueli Foundation Prize.

Sangat menarik rasanya melihat inovasi teknologi ini apabila bisa digunakan untuk mengurangi kecelakaan di lalu lintas serta meminimalisir adanya korban jiwa.

Baca Juga: Desain Touch Bar MacBook Pro 16 Inci Bocor di MacOS Catalina

Penasaran seperti apa cara kerja teknologi tersebut? Simak langsung deh video di bawah ini!

Source : Hypebeast

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest