Follow Us

Kisah Kakek di Kalimantan Timur yang Tolak Rp 10 Miliar Demi Jaga Kelestarian Hutan

Bayu Galih Permana - Senin, 04 November 2019 | 10:22
Kakek Suhendri
ZAKARIAS DEMON DATON/KOMPAS.COM

Kakek Suhendri

HAI-Online.com - Di kala semua orang berlomba-lomba membunuh lingkungan untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya, hal berbeda dilakukan seorang kakek asal Kutai Kartanegara bernama Suhendri.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, kakek berusia 78 tahun tersebut menciptakan sebuah hutan buatan di tengah Kota Tenggarong untu menyiapkan oksigen bagi masyarakat.

"Saya menyiapkan oksigen bagi masyarakat di kota ini," ucap Suhendri menjelaskan alasan dirinya menciptakan hutan buatan di tengah Kota Tenggarong, yang telah dirintis sejak 33 tahun silam.

Awal mula terciptanya hutan buatan

Suhendri menceritakan, ide untuk menciptakan hutan buatan ini bermula ketika dia pertama kali menginjakkan kaki di Kalimantan Timur pada tahun 1971, di mana dia bekerja sebagai pekerja proyek pembangunan asrama milik perusahaan kayu.

Baca Juga: Prihatin dengan Banyaknya Sampah di Indonesia, Mahasiswa UGM Sulap Limbah Plastik Jadi Komposit Beton

Mengingat kala itu bisnis kayu sedang marak, kakek dua anak ini pun menyaksikan banyak pohon yang ditebang sehingga berhektar-hektar hutan menjadi gundul tanpa sisa.

"Dari situ muncul motivasi. Saya akan merawat hutan. Saya kemudian beralih jadi petani, tapi garap lahan orang lain," cerita Suhendri.

Sampai akhirnya, Suhendri membeli lahan seluas 1,5 hektar pada tahun 1979, yang kemudian dipakai untuk bertaning dengan konsep pertanian agroforestri (penggabungan pepohonan dan tanaman pertanian).

Mulai menanam berbagai jenis tanaman

Awalnya, Suhendri hanya menanami komoditas pertanian seperti cabe, sayuran, dan buah-buahan pada lahan yang dibelinya seharga Rp 100 ribu tersebut.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest