Follow Us

Bukan Cuma Sumpah, Tapi Ini Dia Yang Terjadi Tanggal 28 Oktober 1928

Rayhadi Shadiq - Senin, 28 Oktober 2019 | 19:00
Ilustrasi 91 tahun sumpah pemuda 28 Oktober 1928 - 2019.
HAI Online/Farhan Haidar

Ilustrasi 91 tahun sumpah pemuda 28 Oktober 1928 - 2019.

HAI-ONLINE.COM - Hari ini, 28 Oktober 91 tahun lalu, sejumlah pemuda di Indonesia mengukir sejarah. Yap! Peristiwa Hari Sumpah Pemuda tentu jadi satu hal yang ngebawa perubahan besar buat Indonesia sampai hari ini.

Bukan cuma sumpah yang terjadi di tanggal tersebut, tapi ada beberapa hal yang mungkin luput dari ingatan kita, tapi itu penting banget sob:

1. Tanggal 28 Oktober Adalah Pertama Kali Indonesia Raya Diperkenalkan

Lagu Indonesia Raya, gubahan WR Supratman pertama kali dibawain pada momen ini, sob. Pada momen dengan nama awal Kongres Pemuda II ini, WR Supratman memperdengarkan lagu Indonesia Raya kepada hadirin, dengan menggunakan biola.

2. Pengibaran Bendera Merah Putih

Bendera merah putih juga berkibar dalam acara Kongres Pemuda II yang digelar di Jalan Kramat 106 Jakarta (sekarang lokasinya jadi Museum Sumpah Pemuda)

3. Terjadi Kongres di Museum Sumpah Pemuda

Kongres Pemuda ini adalah prakarsa dari berbagai pemuda di daerah. Awalnya, tiap pemuda di daerah bikin kongres pasca Kebangkitan Nasional tahun 1908. Motif perlawanan yang dilakukan di daerah masing-masing itu bikin beberapa kongres pemuda seperti Jong Java, Jong Batak, Jong Minahasa, Jong Ambon, Pemuda Kaum Betawi dan masih banyak lagi, ngerasa perlu adanya perjuangan kemerdekaan secara Nasional dan menyeluruh.

Dan akhirnya mereka bikin Kongres Pemuda yang ngelibatin 700 orang di rumah seorang Tionghoa, Sie Kong Liong. Jalan Kramat Nomor 106, Jakarta.

Dari 700 orang tersebut, ada 6 orang perempuan dalam Kongres Pemuda II, antara lain Dien Patow, Emma Poeradiredjo, Jo Tumbuan, Nona Tumbel, Poernamawoelan, dan Siti Soendari.

Baca Juga: Cocok Ditonton Pas Sumpah Pemuda, Ini 5 Film Dokumenter Terkait Kehidupan Anak Muda

4. Ada peran orang Tionghoa dalam peristiwa ini

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular