Follow Us

Cegah Kecanduan Gadget pada Siswa, Wali Kota Bandung akan Bagikan Anak Ayam

Ricky Nugraha - Selasa, 22 Oktober 2019 | 10:16
Ilustrasi anak ayam
Pexels/Toni Cuenca

Ilustrasi anak ayam

HAI-online.com - Wali Kota Bandung, Oded M Danial, berencana untuk membuat sebuah program khusus untuk anak-anak di kota Bandung.

Program ini ia buat atas keprihatinannya dengan fenomena anak-anak kecanduan gadget yang belakangan marak diberitakan.

Program tersebut adalah dengan membagikan anak ayam kampung ke seluruh anak level sekolah dasar yang ada di kota Bandung.

"Saya punya program, anak-anak mau saya kasih (kegiatan) memelihara anak ayam, biar mereka ada kegiatan tidak hanya main gadget saja. Kita akan kasih anak ayam kampung, kita bagikan kepada mereka secara gratis," ujar Oded dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Ditegur karena Ketahuan Merokok di Sekolah, Siswa SMK Manado Tikam Guru Hingga Tewas

Anak-anak SD tersebut nantinya akan diajari cara memelihara yang mudah dan murah, sebelum diberi anak ayam.

"Sebelumnya kita akan adakan pelatihan kepada mereka, bagaimana cara memelihara ayam. Kasih pakannya gimana, nanti kita akan bina seperti itu. Kalau cuma satu ekor kan, bisa menggunakan dus untuk kandang. Saya berharap dengan adanya kegiatan ekstra untuk anak anak di rumah bisa mengurangi kecanduan gadget," lanjutnya.

Program ini rencananya akan dumulai sebelum masuk tahun 2020. Selain untuk mengurangi kecanduan gadget, program ini juga bertujuan untuk melatih wirausaha sedari dini untuk anak-anak usia SD.

"Sekalian juga itu ada dimensi enterpreneur, cara beternak bagaimana, terus juga dimensi anak-anak akan tumbuh dalam dirinya bagaimana menyayangi binatang, ditambah lagi mereka bisa mengerti biologi. Saya lagi cari DOC-nya dulu sekarang," katanya.

Baca Juga: Salah Ngerjain PR, Kepala Bocah Ini Dipukul Sampai Meninggal usai Pembuluh Darah Otaknya Pecah

Rencana jangka panjangnya, ayam kampung yang sudah dewasa akan dibeli oleh Pemerintah Kota Bandung.

"Nanti bisa ditukar lagi jadi 3 anak ayam. Artinya, di Kota Bandung yang lahannya sudah susah, kita punya peternakan ayam yang dikelola oleh anak-anak SD," tambahnya.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest