Follow Us

Tutup Akhir Oktober, Semua Konten di Yahoo! Groups Bakal Dihapus Permanen Desember Mendatang

Bayu Galih Permana - Kamis, 17 Oktober 2019 | 18:30
Yahoo!
PIXABAY/SIMON

Yahoo!

HAI-Online.com - Setelah menutup layanan messenger 2018 lalu, pelopor search engine dan portal internet milik Verizon, Yahoo! bakalan melakukan penutupan pada layanan forum diskusi berupa mailing list mereka "Yahoo! Groups" mulai 21 Oktober 2019.

Seperti yang dilansir HAI dari The Verge, pengguna nantinya nggak akan bisa membuat postingan ke Yahoo! Groups terhitung sejak tanggal tersebut, sebelum akhirnya seluruh konten seperti foto, percakapan, kalender, polling, hingga link dihapus pada 14 Desember mendatang.

"Mulai 28 Oktober pengguna nggak akan bisa mengunggah postingan ke halaman Yahoo! Groups. Pada 14 Desember semua konten yang ada sebelumnya akan dihapus secara permanen," terang Yahoo! melalui situs resmi mereka.

Lebih lanjut, Yahoo! pun memberikan saran supaya pengguna yang menyimpan data-data penting di Yahoo! Groups untuk segera melakukan backup sebelum pihaknya menghapus seluruh konten pada akhir tahun ini.

Baca Juga: Browser Safari di iOS 13 Diam-diam Kirim Data Pengguna ke Tencent, Begini Penjelasan Apple

"Pengguna hanya mempunyai waktu sampai tanggal yang telah ditentukan untuk menyimpan hasil unggahan mereka selama ini," tulisnya menambahkan.

Sebelumnya, perusahaan yang berpusat di California, Amerika Serikat tersebut sudah terlebih dulu menutup layanan pesan singkat mereka, Yahoo! Messenger, baik versi mobile maupun komputer desktop, pada 17 Juli 2018.

Kala itu, Yahoo! menyebut bahwa pihaknya tengah mengembangkan aplikasi baru yang akan lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen mereka.

Benar aja, beberapa bulan kemudian Yahoo! resmi mengumumkan sebuah aplikasi chatting yang sebelumnya diprediksi akan bernama Squirrel, Yahoo! Together.

Yahoo Together
Yahoo

Yahoo Together

Wah, sayang banget ya sob. Buat kalian yang masih punya data-data penting di Yahoo! Groups, jangan lupa buat backup ya sebelum dihapus permanen. (*)

Source : The Verge

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest