Follow Us

Antusiasme Meningkat, Produksi Kaset Pita Secara Global Tersendat Karena Kurang Bahan

Ricky Nugraha - Senin, 14 Oktober 2019 | 11:44
Ilustrasi kaset pita
Pexels/Stas Knop

Ilustrasi kaset pita

HAI-online.com - Produksi kaset pita untuk sementara ini mengalami penundaan karena kurangnya materi pembuat secara global.

Meskipun secara teknologi sudah ketinggalan zaman, tapi sebuah laporan dari BPI (Industri Fonografi Inggris) di awal tahun ini mengungkapkan bahwa kaset pita telah mengalami kebangkitan.

Di Inggris, dilaporkan bahwa 35.000 kaset pita telah terjual selama paruh pertama tahun 2019. Sebagai perbandingan, di titik yang sama pada tahun 2018 hanya terjual sekitar 18.000 kaset.

Meningkatnya minat pada kaset pita ini memang sangat bagus untuk segi bisnis, namun hal itu juga mengakibatkan penundaan produksi karena adanya kekurangan gamma ferric oxide, bahan yang digunakan dalam pita rekaman magnetik.

Baca Juga: BABYMETAL Umumkan Jadwal Tur Asia, Bakal Kembali Mampir Jakarta!

Produsen pita kaset audio terbesar di AS, National Audio Company, menjelaskan bahwa satu-satunya pabrik yang memurnikan materi tersebut sedang dalam pembenahan selama hampir sepanjang tahun.

Hal tersebut membuat mereka melakukan pengiriman yang jauh lebih sedikit, sedangkat permintaan pembuatan kaset pita semakin bertambah.

“Seperti yang kalian ketahui, ada kekurangan oksida gamma bermutu tinggi di seluruh dunia; bahan magnetik yang digunakan untuk membuat rekaman audio berkualitas profesional,” tulis NAC dalam sebuah pernyataan yang ditujukan pada para konsumennya.

Produksi diharapkan dapat kembali berlanjut di akhir tahun ini. "ADA BERITA BAIK!" lanjut NAC. "Kami telah diberitahu bahwa NAC akan menerima setidaknya sebelas ton oksida pada bulan Oktober."

Baca Juga: Abis Main 3 Hari di Jakarta, HONNE Bakal Konser Juga di Surabaya

Pengungkapan itu datang dalam laporan tengah tahun dari Asosiasi Industri Rekaman Amerika.

Laporan RIAA tahun lalu mengungkapkan bahwa penjualan CD makin memburuk tiga kali lebih cepat dari pertumbuhan penjualan vinil, dan itu setidaknya sama di tahun ini.

Source : NME.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest