Follow Us

Buka Video YouTube di Smartphone Jadi Lemot? Begini Cara Atasinya

Ricky Nugraha - Selasa, 10 September 2019 | 19:15
Ilustrasi buffering YouTube
YouTube

Ilustrasi buffering YouTube

HAI-online.com - Buffering video di YouTube memang sering dikeluhkan dan kadang menjengkelkan apalagi saat asik-asiknya nonton di smartphone.

Selain koneksi internet yang harus stabil, ternyata ada beberapa hal yang berpotensi menghadang proses untuk memuat video di aplikasi YouTube.

Beberapa di antaranya adalah daftar riwayat tontonan (watch history) yang sudah menumpuk, hingga kualitas video yang nggak sesuai dengan kecepatan internet pengguna.

Untuk mengatasinya, kalian bisa simak nih tips di bawah ini yang dirangkum dari GadgetsNow.

Baca Juga: Segera Hapus 24 Aplikasi Ini Dari Ponsel Kamu Sebelum Terkena 'Joker'

1. Membersihkan " cache" riwayat tontonan

Tembolok (cache) atau space khusus di dalam memori, berfungsi untuk menyimpan konten di dalam memori untuk sementara waktu. Konten yang disimpan ini kemudian bisa dipakai kembali tanpa harus memuat konten yang sama.

YouTube sendiri menyimpan riwayat tontonan video dan riwayat pencarian video di dalam cache tadi. Nah, cache atau ruang di memori ini, meski nggak ada batas ukurannya, bisa menumpuk dan bisa menurunkan performa YouTube.

Ada baiknya cache di YouTube ini dibersihkan secara berkala. Untuk membersihkannya, pengguna bisa meng-klik avatar sendiri (di pojok kanan atas) pada halaman awal aplikasi YouTube.

Baca Juga: Kirim Chat dan Video Call di WhatsApp Kini Bisa Pakai Perintah Suara, Begini Caranya

Setelah itu, pilih menu "Settings" dan pilih "History & privacy". Kemudian, klik menu "Clear watch history" dan konfirmasi dengan mengklik tombol "Clear watch history".

Source : Kompas.com, Gadgets Now

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest