Follow Us

Indonesia Bakal Alami Hari Tanpa Bayangan, Begini Penjelasan dan Kapan Terjadinya

Ricky Nugraha - Selasa, 10 September 2019 | 13:11
Ilustrasi matahari
Pixabay

Ilustrasi matahari

HAI-online.com - Wilayah Indonesia akan kembali alami hari tanpa bayangan mulai 8 September sampai bulan Oktober 2019 nanti.

Hari tanpa bayangan atau kulminasi atau transit atau istiwa' merupakan fenomena ketika Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Saat deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai Kulminasi Utama.

Pada saat itu, Matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat "menghilang", karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.

Baca Juga: Lagi Berada di Luar Angkasa, Astronot Ini Nggak Sengaja Telepon 911

Dilansir situs resmi BMKG, hari tanpa bayangan muncul karena bidang ekuator bumi atau bidang rotasi bumi tak tepat berimpit dengan bidang ekliptika atau bidang revolusi bumi.

Mengingat posisi Indonesia berada di sekitar ekuator, kulminasi utama alias hari tanpa bayangan di wilayah Indonesia akan terjadi dua kali dalam setahun dan waktunya nggak jauh dari saat Matahari berada di khatulistiwa.

Sebagai contoh untuk kota Pontianak yang tepat terbelah oleh garis khatulistiwa, kulminasi utamanya terjadi pada 21 Maret 2019 pukul 11:50 WIB dan pada 23 September 2019 pukul 11.35 WIB.

Adapun untuk kota Jakarta, fenomena ini sudah terjadi pada 5 Maret 2019 lalu, yang kulminasi utamanya terjadi pada pukul 12.04 WIB, dan akan terjadi kembali pada 9 Oktober 2019, yang kulminasi utamanya terjadi pada pukul 11.40 WIB.

Baca Juga: Viral Foto Busa Jok Motor yang Ditumbuhi Jamur, Begini Penjelasan Ahli

Bandung akan mengalami hari tanpa bayangan pada tanggal 11 Oktober 2019, dengan kulminasi utamanya pada pukul 11.36 WIB.

Source : Kompas.com, BMKG

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest