Follow Us

Simak nih Cara Hapus Jejak Digital tentang Diri Kita dari Internet

Ricky Nugraha - Kamis, 22 Agustus 2019 | 19:25
Cara hapus jejak digital di internet
Twitter/apriandhys

Cara hapus jejak digital di internet

HAI-online.com - Kita mungkin udah sering dengar tentang omongan bahwa apa yang udah di internet itu nggak akan bisa hilang atau dihapus.

Hal ini mungkin benar, tapi ada juga cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir supaya orang lain nggak tahu tentang data kita di internet dengan cara menghapus jejak digitalnya.

Cara tersebut dibagikan oleh seorang pengguna Twitter dengan akun @apriandhy. Pengetahuannya tersebut ternyata menarik perhatian banyak netizen yang kemudian membuat postingan itu viral.

Cara pertama, ia menyarankan untuk mencari nama kita sendiri di Google, terutama nama lengkap dan nama panggilan yang dikenal oleh orang lain sebagai identitas kita.

Baca Juga: Jadi Inovasi, Wireless Charging Justru Bisa Mengurangi Umur Baterai Smartphone

Jika ada link ke Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, atau situs lainnya, lalu tentukan data diri di situs mana yang ingin "disembunyikan".

Kemudian ia menjelaskan satu-satu bagaimana caranya menyembunyikan data diri dari tiap situs. Ia menyarankan untuk melakukannya lewat PC/laptop.

Seperti kalau ingin menghilangkan profil Facebook di pencarian Google, caranya adalah dengan masuk ke setting, pilih tab privacy, lalu hapus check list dari opsi "Do you want search engines outside of Facebook to link to your profile?.

Dengan melakukan itu, hasil pencarian nama kita yang mengarah ke profil Facebook nggak akan muncul di Google. Pengaturan privasi lebih detil juga bisa dilakukan untuk posting, foto, notes, album foto, dan lain-lain.

Baca Juga: Bocor, Ini Dia Spesifikasi Dari Samsung Galaxy M21, M31 dan M41

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest