Follow Us

Minta Bantuan Presiden Jokowi Buat Kuliah, Calon Mahasiswa Ini Malah Dikritik Netizen

Ricky Nugraha - Rabu, 07 Agustus 2019 | 14:37
Ilustrasi
Pixabay/actaylorjr

Ilustrasi

HAI-online.com - Seorang calon mahasiswa bernama Siti Alliah belakangan ini ramai dibicarakan di media sosial setelah dirinya membuat surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo.

Dalam surat tersebut, lulusan SMA berusia 19 tahun ini meminta bantuan presiden, karena kesulitan membayar uang pangkal kuliah sebesar Rp 15 juta.

Siti menceritakan bahwa dirinya telah mencoba mendaftar melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, namun usahanya gagal.

Tak mau menyerah, ia pun akhirnya berhasil lolos seleksi pada jurusan Teknik Elektro di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, lewat jalur mandiri.

Baca Juga: 5 Jurusan yang Lulusannya Banyak Dicari Perusahaan, Cek Dulu Kali! !

Meski senang bisa diterima, tapi di sisi lain ia merasa sedih karena terbebani oleh uang pangkal jalur mandiri, yang seperti diketahui, lebih besar daripada melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Uang sebesar Rp 15 juta tersebut terasa berat bagi ia dan orangtuanya, yang dijelaskan hanya bekerja sebagai petani karet.

Untuk itulah ia meminta Presiden Joko Widodo supaya bisa memberikan kemudahan kepada anak-anak Indonesia yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri.

Topik ini pun kemudian ramai dibahas oleh netizen di media sosial. Namun, nggak sedikit netizen yang malah mengkritik Siti Alliah.

Baca Juga: Sampai Ratusan Juta Rupiah, Ini 6 Perusahaan yang Berani Kasih Anak Magang Gaji Tinggi

Banyak dari mereka yang mengatakan bahwa sebelum memilih jalur mandiri, seharusnya calon mahasiswa menyiapkan materi dan mempertimbangkan ekonomi keluarga.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest