Follow Us

Listrik Di Jakarta Padam Lagi, Ini 10 Cara Hemat Baterai Smartphone

Dio Firdaus - Senin, 05 Agustus 2019 | 14:00
Ilustrasi baterai smartphone
iStockphoto

Ilustrasi baterai smartphone

HAI-ONLINE.COM - Hari ini (5/8) PLN kembali mengumumkan kalau ada pemadaman listrik lagi di Jakarta dan sekitarnya. Bahkan sekarang kantor Hai lagi mati lampu nih. huhu.

Nah, karena belum tahu sampai kapan mati lampu ini. Ada baiknya kamu persiapkan diri kamu dengan menghemat baterai ponsel sob.

Barang kali kamu tadi lupa isi powerbank dan kondisi ponsel belum full charge, Hai punya tips nya nih buat hemat baterai sampai pemadaman selesai.

Penasaran apa aja? Langsung aja nih simak!

Cek dan stop aplikasi yang paling boros baterai

Smartphone biasanya dibekali dengan sejumlah aplikas, entah bawaan dari sistem atau yang pengguna pasang (install) sendiri. Aplikasi tersebut bisa menyedot baterai jika digunakan terus-menerus.

Oleh karena itu, cek aplikasi apa saja yang paling banyak menguras baterai di masing-masing pengaturan ponsel. Di ponsel berbasis Android, misalnya, pengguna bisa mengunjungi "Settings" dan pergi ke menu "Baterry & performance" dan pilih "Power usage".

Di pengaturan tersebut, pengguna bisa melihat aplikasi mana saja yang paling menguras baterai.

Perlu diingat, masing-masing menu di smartphone mungkin berbeda. Namun, menu yang seirama dengan fungsi baterai di atas agaknya sudah tersedia di kebanyakan smartphone saat ini.

Turunkan tingkat kecerahan layar (brightness)

Biasanya kecerahan dari sebuah layar smartphone akan menentukan tingkat kenyamanan dalam melihat tampilan di layar. Namun tingkat kecerahan pun dapat mempengaruhi besarnya daya baterai yang digunakan.

Source : Kompas.com

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest