Follow Us

Peneliti Kembangkan Teknologi Lensa Kontak yang Bisa 'Zoom' Pakai Kedipan Mata

Bayu Galih Permana - Rabu, 31 Juli 2019 | 17:30
Ilustrasi lensa kontak
via perfectlens.ca

Ilustrasi lensa kontak

HAI-Online.com - Sekelompok peneliti di Universitas California, Amerika Serikat baru-baru ini tengah mengembangkan sebuah teknologi lensa kontak yang bisa melakukan 'zoom' pada objek jarak jauh hanya dengan menggunakan kedipan.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, para peniliti nantinya akan merancang supaya lensa kontak dapat merespon sinyal listrik bernama elektro-okulugrafi yang muncul ketika bola mata digerakkan ataupun dikedipkan.

Selain itu, lensa kontak yang menurut rencana akan dibuat dengan baha dasar polimer ini juga dirancang supaya bisa menyesuaikan luas bidang pandang (focal length) berdasarkan intensitas sinyal yang ditangkap dari mata.

Jadi, ketika mendapatkan intensitas sinyal listrik dari gerakan bola mata yang sangat kuat seperti berkedip dua kali, bentuk dari lensa kontak ini nantinya bakalan lebih cembung sehingga dapat menghasilkan efek zoom in.

Baca Juga: Go-Pay Kini Jadi Alat Pembayaran Resmi di Google Play Store

Menariknya, nggak cuma diterapkan dalam lensa kontak aja, tim peneliti juga menyebut bahwa teknologi satu ini juga memiliki potensi untuk dikembangkan dalam benda-benda seperti mata buatan, kacamata, dan robot.

"Sistem yang dikembangkan dalam penelitian ini memiliki potensi untuk digunakan dalam mata buatan, kacamata, dan robot yang dioperasikan dari jarak jauh di masa depan," jelas tim peneliti dalam laporannya.

Meski konsepnya sudah terbukti bisa diimplementasikan, untuk saat ini lensa kontak canggih ini masih berbentuk eksperimen besar dengan elektroda yang ditempelkan pada kulit mata sekitar obyek penelitian.

Untuk bisa mewujudkan ke dalam bentuk lensa kontak yang ringkas, tim peneliti diketahui masih membutuhkan waktu beberapa tahun lagi supaya komponen di dalamnya bisa dibuat dalam versi mini.

Wah boleh juga nih idenya sob, jadi kalau nonton konser nggak usah susah-susah maju ke depan cuma buat liat musisi idola kita dari deket. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular