Follow Us

Nggak Boleh Asal, Begini Cara Buka Tutup Kepala Busi Motor yang Benar

Bayu Galih Permana - Selasa, 30 Juli 2019 | 16:00
Ilustrasi plug cap busi
GRIODTO.COM/ISAL

Ilustrasi plug cap busi

HAI-Online.com - Ketika mengganti busi, kebanyakan dari kita nggak bisa dipungkiri seringkali melepas bagian plug cap secara sembarangan, padahal komponen satu ini memiliki tugas cukup penting, yaitu mengantar tegangan dari koil ke busi.

Padahal cara yang salah ketika membuka tutup kepala busi dapat membuat bagian plug cap cepat rusak, apalagi pada bagian dalamnya terdapa sejumlah komponen penting mulai dari connector, spring contact , resistor, lock washer hingga screw cord setting.

Menurut Technical Suport PT NGK Busi Indonesia, Dicko Octaviano, cara salah yang selama ini sering dilakukan orang saat membuka tutup kepala busi adalah membukanya cara dibengkok-bengkokkan.

"Plug cap karet lentur dengan tambahan resin di dalamnya, bagaimanapun resin ada sifat getas. Karena itu kita tidak boleh memakai benda yang sifatnya merusak dan dibengkokin. Di dalamnya ada banyak komponen," ujar Dicko seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Baca Juga: Jangan Nunggu Putus, Ini Tanda-tanda V-Belt Motor Matic Harus Ganti

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika membuka bagian plug cap busi:

1. Membuka dengan menggunakan tang ataupun perkakas lain.

2. Membuka ketika mesin kendaraan masih panas.

3. Membuka dengan cara membengkok-bengkokkan plug cap.

4. Membuka dengan cara menarik kabel.

Lalu, bagaimana cara membuka tutup kepala busi yang benar? Gampang banget kok sob, tinggal ikuti aja cara-cara di bawah ini.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular