Follow Us

Cewek Ini Terkena Kanker Langka, Penyebabnya Cuma Gara-gara Asbes

Bayu Galih Permana - Selasa, 09 Juli 2019 | 19:15
Macie Greening
Foster Family / SWNS.com

Macie Greening

HAI-Online.com - Remaja cewek asal Inggris, Macie Greening didiagnosa mengidap penyakit kanker langka, mesothelioma peritoneal akibat terkena paparan dari bahan konstruksi bangunan yang sering digunakan pada bagian atap gedung, asbes.

Seperti yang dilansir HAI dari iDEA, remaja berusia 14 tahun tersebut bahkan menjadi orang termuda yang mengidap penyakit langka ini, di mana 20 pengidap mesothelioma peritoneal lainnya tersebar di seluruh dunia.

Menurut keterangan yang diberikan oleh bibi dari Macie, Sonia Hurst, dokter mengatakan bahwa remaja kelahiran Cullompton tersebut adalah satu dari sembilan anak dengan mesothelioma peritoneal di Inggris.

Untuk menyembuhkan penyakit yang mengancam nyawanya tersebut, Macie Greening diketahui telah menjalani empat kali pengobatan dengan cara kemotrapi, sambil masih terus berharap bisa melakukan operasi untuk menghilangkan kanker langka satu ini.

Macie Greening
Foster Family / SWNS.com

Macie Greening

Baca Juga: Bermodal Cangkang Telur, 3 Mahasiswa Unpad Temukan Bahan Penambal Gigi

Dilansir dari NHS, mesothelioma sendiri merupakan jenis kanker yang berkembang di lapisan yang menutupi permukaan luar dari beberapa organ tubuh, di mana biasanya muncul akibat paparan dari asbes.

Serat kecil dari paparan asbes ini akan dengan mudah masuk paru-paru dan terjebak di dalam, sebelum akhirnya menimbulkan kerusakan pada organ pernapasan tersebut seiring berjalannya waktu.

Mesothelioma yang mempengaruhi lapisan paru-paru sering disebut dengan mesothelioma pleura, sedangkan apabila memberi pengaruh pada lapisan perut biasanya dipanggil dengan sebutan mesothelioma pertitoneal.

Berbeda dengan kasus Macie Greening yang mengidap mesothelioma peritoneal di usia muda, penyakit satu ini biasanya mengincar pria dengan usia lanjut pada kisara umur 60 hingga 80 tahun. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular