Follow Us

Asal Usul Donat Punya Lubang di Bagian Tengah, Wah Kena Panah

Ricky Nugraha - Senin, 08 Juli 2019 | 07:41
Donat berlubang
Pexels/Anete Lusina

Donat berlubang

HAI-online.com - Donat di masa sekarang punya berbagai rasa dan bentuk yang beragam. Namun, yang paling dikenal tentu adalah donat berbentuk bulat dan donat yang memiliki lubang di bagian tengahnya.

Lubang di tengah itu memang sangat identik dengan donat, tapi kalian tau nggak sih gimana awal mula terciptanya lubang tersebut dan siapa yang membuatnya?

Menurut ahli kuliner donat, Michel Krondl, ternyata ada beberapa versi kisah asal mula lubang di tengah donat ini.

Baca Juga: Sejarah Slogan 'Just Do It' dari Nike Ternyata Terinspirasi oleh Ucapan Pembunuh yang Dihukum Mati

Kisah seorang pelaut

Pada 1916, Boston Post mewawancarai seorang mantan pelaut, Hanson Crockett Gregory. Saat itu, Hanson memberikan penjelasan tentang bagaimana ia menemukan lubang di tengah donat.

Hanson Crockett Gregory mengatakan bahwa dirinya adalah penemu lubang di tengah donat.

Menurutnya, lubang pada bagian tengah donat ini ditemukannya pada 1847, saat itu usianya sekitar 15 tahun. Saat masih remaja, Hanson berlayar bersama kapal dagang jeruk nipis.

Suatu hari, Hanson mengatakan kalau roti goreng yang disajikan di kapal kurang nikmat. Tekstur di bagian luar roti tersebut sudah renyah, namun bagian tengahnya masih terasa seperti adonan yang berminyak.

Baca Juga: Kenapa Sih Pilot Sering Bilang 'Roger'? Ternyata Ini Alasannya

Hanson pun menyarankan untuk membuat lubang di roti goreng itu supaya seluruh bagian roti matang dengan rata. Menurut ahli, hal ini dianggap masuk akal karena berhubungan dengan cara donat dibuat.

Source : Wonderopolis, Great Big Story

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest