Follow Us

Oppo Kenalkan Aplikasi Chatting yang Nggak Butuh Pulsa, WiFi atau Bluetooth

Ricky Nugraha - Senin, 01 Juli 2019 | 12:08
Smartphone Oppo
The Verge/Sam Byford

Smartphone Oppo

HAI-online.com - Aplikasi chatting kini telah menjadi sarana komunikasi yang penting dan banyak digunakan. Namun, aplikasi tersebut bergantung pada sinyal dan jaringan internet. Bagaimana jadinya kalau sedang berada di tempat yang nggak ada sinyal?

Kini, pabrikan smartphone asal China, Oppo, telah siapkan inovasi layanan berkirim pesan yang nggak membutuhkan pulsa, paket data internet, WiFi, atau bahkan bluetooth.

Aplikasi yang diberi nama MeshTalk ini bisa memuat pesan berupa teks, suara, hingga telepon ke sesama smartphone Oppo dengan menggunakan sistem end-to-end lewat sinyal yang disematkan di dalam perangkat.

Sinyal ini bisa menciptakan area lokal secara ad hoc untuk menghubungkan antar perangkat Oppo hingga jarak tiga kilometer. Oppo mengklaim layanan ini nggak akan banyak mempengaruhi usia baterai.

Baca Juga: Semakin Canggih, Oppo Perkenalkan Teknologi Kamera Di Bawah Layar

Bahkan, Oppo mengklaim aplikasi MeshTalk tetap bisa berfungsi saat daya ponsel sedang kritis.

Menurut Oppo, MeshTalk bisa dimanfaatkan untuk IoT, navigasi dalam ruangan, dan marketing.

Namun, layanan ini sendiri masih belum selesai. Oppo masih akan memperbaiki beberapa hal seperti konsumsi daya dan kekuatan sinyal. Belum diketahui kapan layanan ini akan diluncurkan.

Oppo juga nggak menyebutkan model atau spesifikasi ponsel apa yang bisa digunakan untuk mengakses MeshTalk.

Layanan semacam ini sebenarnya bukanlah baru pertama muncul. Tahun 2014 lalu, layanan serupa muncul dengan nama FireChat. Namun saat itu, layanan tersebut masih bertumpu pada koneksi Bluetooth dan peer-to-peer WiFi.

Source : Kompas.com, Android Authority

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest