Follow Us

YouTube Kini Hadirkan Fitur untuk Sembunyikan Video Rekomendasi

Ricky Nugraha - Kamis, 27 Juni 2019 | 18:00
Ilustrasi
iStock Editorial

Ilustrasi

HAI-online.com - Video rekomendasi di YouTube kadang sukses bikin penggunanya betah berlama-lama nontonin video yang direkomendasikan.

Namun, kadang juga ada video yang nggak sesuai dengan ketertarikan pengguna meski secanggih apapun algoritma yang dibangun oleh tim YouTube, dan itu adalah hal wajar.

YouTube pun mengakui bahwa nggak semua rekomendasi yang diberikan tepat sasaran dan disukai penggunanya.

Karena itu, YouTube merllis fitur baru, agar pengguna bisa menyaring lagi video rekomendasi mana yang diinginkan dan mana yang nggak. Dengan fitur ini, pengguna bisa memblokir kanal yang nggak mau mereka lihat dari daftar rekomendasi.

Baca Juga: Asus TUF Gaming FX505 Resmi Meluncur di Indonesia, Dibanderol Segini!

Fitur blokir channel dari daftar rekomendasi di YouTube
Engadget

Fitur blokir channel dari daftar rekomendasi di YouTube

Caranya, klik titik tiga di pojok kanan thumbnail video, lalu pilih "don't recommend channel" (jangan rekomendasikan kanal ini).Sebelum ada fitur ini, pengguna hanya memiliki pilihan menghapus video dengan memilih "not interested" (tak tertarik). Fitur ini pun masih bisa ditemukan di tempat yang sama.

YouTube baru akan menggulirkan fitur ini di versi mobile untuk platform Android dan iOS mulai hari ini. Versi desktop kemungkinan akan segera menyusul ke depannya.

Selain itu, YouTube juga mempermudah pengguna menjelajah video sesuai yang diinginkan dengan membuat tab kategori. Kurang lebih, penampilan tab tersebut mirip dengan explore Instagram.

Baca Juga: Belum Lama Redmi Meluncur, Xiaomi Edisi Mi CC Siap Mengejar Pada Tanggal 2 JuliTab kategori bisa ditemukan di atas beranda. Pilihan kategori yang disajikan akan disesuaikan dengan konten-konten yang ditonton penggunanya.Algoritma YouTube sering dikritik, karena dinilai kerap merekomendasikan video bermuatan hoaks, konspirasi, hingga pedofilia.

YouTube pun berjanji akan menekan perederan video semacam itu dengan mencegahnya nongol di daftar rekomendasi pengguna.

Source : Kompas.com, Engadget

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest