Follow Us

Mulai Besok Ditilang, Pengendara yang Main HP di Jalan, Jangan Bandel, Bro!

Fadli Adzani - Senin, 01 Juli 2019 | 08:46
Ilustrasi main HP di jalan
Google Maps

Ilustrasi main HP di jalan

HAI-ONLINE.COM - Kalau kamu masih suka bandel dengan bermain HP alias handphone saat berkendara di jalan, mendingan kamu segera hilangkan kebiasaan buruk itu, bro.

Selain bisa membahayakan keselamatan kamu, kini Polda Metro Jaya akan segera menerapkan tilang eletronik pada jalur protokol Sudirman-Thamrin.

Jadi, terdapat CCTV yang memantau setiap gerak-gerik para pengendara yang ada di jalanan. Kalau misalkan ada dari mereka yang melanggar peraturan, bakal ada sanksi berupa tilang elektronik (Electronic-Traffic Law Enforcement/E-TLE).

Baca Juga: Warga Panggil Petugas Karena Menemukan Mayat di Selokan, Pas Dicek Ternyata Cuma Numpang Tidur

Salah satu pelanggarannya adalah bermain HP saat berkendara. Hal itu langsung diungkap oleh Fahri Siregar selaku Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Dalam merayakan HUT Bhayangkara besok, kami mempersembahkan suatu inovasi yakni E-TLE dengan fitur baru yaitu jenis kamera check point. Di mana kamera ini bisa mendeteksi pelanggaran mengemudi sambil bermain HP dan tidak menggunakan sabuk pengaman," katanya, dikutip HAI dari Kompas.com.

Baca Juga: Ini 5 Film dan Serial yang Wajib Kamu Tonton di Bulan Juli Ini

Larangan memainkan HP saat berkendara masuk dalam Undang-undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan karena bisa mengganggu konsentrasi saat berkendara.

"Iya, berdasarkan UU tersebut kami berlakukan E-TLE," jelas Fahri.

Buat kalian yang belum tau, sudah ada 12 CCTV yang terpasang di sekitaran Sudirman-Thamrin. Kalau kamu masih mau bandel juga, tanggung sendiri, deh akibatnya!

Yuk jadi anak muda yang taat dengan peraturan agar bisa memberi contoh buat generasi selanjutnya! (*)

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest