Follow Us

Saykoji, Andovi Da Lopez dan Mahasiswa Yogyakarta Jadi 'Siap Darling' di Candi Prambanan

Hai Online - Jumat, 28 Juni 2019 | 18:00
Saykoji, Andovi da Lopez, dan pasukan "Siap Darling" di Candi Prambanan.
Djarum Foundation

Saykoji, Andovi da Lopez, dan pasukan "Siap Darling" di Candi Prambanan.

HAI-Online.com – Gerakan aksi peduli lingkungan oleh Djarum Foundation bertajuk ‘SIAP DARLING’ (Siap Peduli Lingkungan) sukses digelar di kawasan Candi Prambanan pada Rabu (26/6/2019) kemarin. Kurang lebih 500 mahasiswa dari berbagai kampus di daerah Yogyakarta turut meramaikan acara yang bertujuan untuk menghijaukan kawasan yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit tersebut dengan aksi menanam pohon. General Manager PT Taman Wisata (TWC) Unit Candi Prambanan, Aryono Hendro Malyanto mengklaim bahwa wisatawan yang datang ke Candi Prambanan pada tahun 2018 lalu mencapai 2,4 juta wisatawan baik yang lokal maupun mancanegara. Pada libur Lebaran kemarin jumlahnya meningkat hingga mencapai lebih dari 50 juta pengunjung, lho. Itulah yang menjadi alasan kenapa kawasan Candi ini dirasa tepat untuk memulai aksi peduli lingkungan.

Baca Juga: Warga Panggil Petugas Karena Menemukan Mayat di Selokan, Pas Dicek Ternyata Cuma Numpang Tidur“Kegiatan menanam bibit pohon pun sebenernya udah dilakuin sejak 1979 dan udah lebih dari 2 juta pohon yang kita tanam,” tutur Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji. Penanaman secara serentak yang dilakukan oleh mahasiswa ini telah menghasilkan kurang lebih 250 pohon dan 5.000 semak berbunga yang terdiri dari 25 varietas pohon dan semak berbunga.

Igor Penyami "Saykoji" nanem pohon di Candi Prambanan
Dok. Djarum Foundation

Igor Penyami "Saykoji" nanem pohon di Candi Prambanan

Aksi tersebut turut mengambil perhatian Rapper Igor Saykoji dan Youtubers Andovi Da Lopez yang kemarin juga ikut serta dalam melakukan sosial movement ini.

Seperti yang HAI temui kemarin, mereka turut ambil bagian dalam menanam pohon di kawasan Candi Lumbung, salah satu dari empat candi yang ada di kawasan Candi Prambanan yang akan dilakukan aksi penghijauan. Tiga Candi lainnya adalah Candi Roro Jonggrang, Candi Bubrah, dan Candi Sewu.Nggak cuma mahasiswa aja, Andovi Da Lopez dan Saykoji juga turut berpartisipasi di acara ini lho. “Pemanasan global menajadi masalah yang sangat serius, kita harus bertindak sekarang bukan besok-besok. Mulailah dengan hal-hal yang sederhana seperti buang sampah pada tempatnya, memilah sampah sesuai jenisnya. Perubahan harus dilakuin dari diri kita sendiri dulu, baru setelah itu ngajak orang lain,” ujar Andovi.

Andovi Da Lopez menanam pohon di Candi Prambanan, Rabu (26/6).
Dok. Djarum Foundation

Andovi Da Lopez menanam pohon di Candi Prambanan, Rabu (26/6).

Igor alias Saykoji nambahin, “Indonesia sekarang menjadi negara peringkat kedua di Asia dengan penghasil sampah terbanyak. Dan mayoritas sampahnya adalah plastik yang sangat susah diurai oleh bumi. Inilah yang membuat gue tertarik buat mengedukasi kalian semua. Semoga gerakan ini memberikan harapan yang besar untuk lingkungan yang lebih baik di masa depan.” Keren kan aksi mereka? Sekarang saatnya kita terapin di diri sendiri! Setuju nggak?Penulis: Farhan Haidar

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest