Follow Us

Tanpa Suara tapi Serem, Ini Dia Deretan Film Horor Bisu Lawas yang Mengerikan!

HAI Internship - Jumat, 28 Juni 2019 | 15:00
The Haunted Castle 1896
You Tube

The Haunted Castle 1896

HAI-ONLINE.COM - Istilah "horor" memang belum ada sampai pada tahun 1930-an, tapi unsur-unsur dari genre itu dapat kita temui lebih awal, melalui film-film trik bisu tahun 1800-an.

Film trik ini menggunakan teknik eksperimental untuk menunjukkan efek khusus, dan juga mereka sering menyentuh topik supernatural seperti hantu, penyihir, dan vampir.

Baca Juga: 7 Kisah Hantu di Sekolah, Saking Seramnya Sampai Masuk Berita

Banyak dari eksperimen horor awal ini yang udah hilang atau rusak. Tapi di sini HAI bakal rangkum 5 film horor bisu yang paling berpengaruh, dilansir dari Listverse.

1. Le Manoir du Diable

Dirilis di Amerika Serikat sebagai “The Haunted Castle” oleh Georges Melies, dengan durasi yang dimiliki sekitar tiga menit, film ini dibuka dengan kelelawar yang terbang di sekitar kastil dan kemudian berubah menjadi iblis Mephistopheles.

Terlepas dari unsur komedi yang ada dalam film ini, Le Manoir du diable secara luas dianggap sebagai film horor pertama, dan bahkan mungkin yang pertama kali menampilkan seorang vampir.

Baca Juga: Dulu Jadi Vampir, Robert Pattinson Kini Jadi Aktor Baru Batman

Selama beberapa dekade film ini dianggap hilang, sampai tahun 1988 ketika seseorang yang sedang berbelanja beruntung menemukan film ini saat membersihkan debu di sebuah toko barang rongsokan Christchurch, Selandia Baru.

2. Blue Beard.

Masih dengan film garapan Georges Melies, pada tahun 1901 ia melanjutkan penjelajahannya di dalam film horor melalui Blue Beard. Bisa dikatakan kalo ini adalah film tentang pembunuh berantai pertama.

Halaman Selanjutnya

1 2 3

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest