Follow Us

Tips Mengatasi Rem Skutik yang Mendadak Blong Ketika Berkendara

Bayu Galih Permana - Rabu, 12 Juni 2019 | 21:00
Ilustrasi mengendarai motor matic
SALIM/OTOMOTIFNET.COM

Ilustrasi mengendarai motor matic

HAI-Online.com - Nggak seperti motor bertransmisi manual yang bisa mengurangi kecepatan menggunakan persneling, pengendara skuter matik pasti akan langsung dibuat bingung saat rem kendaraan mereka tiba-tiba blong di tengah perjalanan.

Menurut keterangan Head of Safety Riding Promotion Wahana dari main dealer motor Honda, hal ini sendiri biasanya terjadi karena pengendara skuter matik malas untuk memeriksa kondisi motor miliknya dengan seksama.

"Sebaiknya sebelum mulai berkendara haruslah membiasakan diri untuk selalu mengecek sepeda motor, di antaranya yaitu rem depan dan belakang, agar kendaraan yang kita gunakan menjadi lebih aman saat di kendarai," kata Agus seperti yang dikutip HAI dari Kompas.com.

Berkaca dari hal tersebut, Agus menjelaskan bahwa ada sejumlah cara yang bisa dilakukan oleh pengendara skuter matik untuk memperkecil resiko rem motor mereka blong mendadak di tengah perjalanan.

Baca Juga: Kisah 3 Remaja yang Sudah Menjadi Pemimpin Militer di Usia Muda

Pertama, pengendara diminta untuk tidak panik karena hal tersebut bisa menyebabkan mereka nggak bisa berfikir secara baik, bahkan keputusan yang diambil malah dapat membahayakan nyawa.

Ketika rem skuter matik blong mendadak di tengah perjalanan, Agus menyarankan pengendara untuk mengurangi tarikan di panel gas, dan berjalan menuju arah tanjakan guna mengurangi kecepatan.

Apabila situasi nggak terkendali, usahakan untuk membunyikan klakson dan hindari tabrakan namun jika harus terpaksa menabrak, carilah tempat yg nggak terlalu membahayakan seperti rumput ataupun pasir.

Jadi sekarang gimana, sob? Masih mau males-malesan ngecek kondisi skuter matik kalian secara berkala? Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest