Follow Us

Seberapa Besar Pengaruh Hujan Mengubah Suasana Hati Kita, Ini Penjelasannya

HAI Internship - Rabu, 12 Juni 2019 | 19:45
Cuaca hujan.

Cuaca hujan.

HAI-ONLINE.COM – Definisi galau adalah perasaan yang berkecamuk di dada anak muda. Kadang gampang berubah, dari tegar jadi mellow, sedih ke senang, atau semangat ke males. Apalagi kalo pas cuaca lagi mendung atau hujan. Bener nggak sih, kejadiannya bisa begitu?

Nah perubahan suasana hati yang berubah-ubah itu kerap dijelaskan ahli sebagai depresi, alhasil kalian jadi kurang bertenaga. Lho kok bisa?

Katanya, suasana hati itu bisa dipengaruhi oleh nuansa hujan. Karena tingkat kelembaban ketika hujan sedang turun berada pada angka yang tinggi, dengan paparan sinar matahari yang minim.

Seperti yang tertera di everydayhealth.com, John Grogol, PsyD, selaku pendiri dan CEO Psych Central menyajikan penelitian yang diterbitkan oleh Psychological Science pada tahun 2005, yang menyajikan hasil bahwa "selama musim dingin, orang-orang kehilangan suasana hati yang lebih baik, di banding dengan saat musim semi orang-orang akan menunjukkan peningkatan suasana hati".

Baca Juga: 5 Kasus Remaja yang Tewas Tragis Karena Meniru Stunt di 'Jackass'

Jadi nggak terlalu membingungkan sih, kalo banyak yang merasa saat mendung atau hujan suasana hati jadi berubah ke arah negatif.

Tapi nggak semua orang juga lho. Tergantung juga pada tingkat sensitivitas masing-masing. Dalam buku Elaine Aron, PhD yang berjudul The Highly Sensitive Person juga dikatakan bahwa cuaca hanya akan berhasil mempengaruhi kita, jika kita adalah orang yang sangat sensitif.

Terikat hal ini berbahaya atau nggak, tapi sebaiknya bagi kalian yang ngerasa masuk dalam kategori orang dengan sensitivitas yang tinggi, tetap harus aware dan peduli ya dengan mengontrol suasana hati kalian.

Banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk mengalihkan perasaan sedih atau perasaan nggak nyaman kalian karena hujan. Sesederhana dengan kalian melakukan hal-hal yang kalian suka dan senangi aja kok!

Penulis: Nada Aprillia

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest