Follow Us

Dikira Toilet, Penumpang Pesawat Pakistan International Airlines Malah Buka Pintu Darurat

Bayu Galih Permana - Selasa, 11 Juni 2019 | 19:15
Ilustrasi pesawat terbang
Pixabay/Free-Photos

Ilustrasi pesawat terbang

HAI-Online.com - Akibat kesalahan salah seorang penumpang, penerbangan pesawat Pakistan International Airlines (PIA) PK702 dari bandara Manchester menuju Islamabad terpaksa harus ditunda pada Jumat malam (7/6).

Penundaan yang berlangsung hingga hampir delapan jam ini sendiri terjadi karena salah seorang penumpang secara nggak sengaja membuka pintu darurat ketika pesawat yang awalnya akan berangkat pukul 21.20 waktu setempat tersebut hendak lepas landas.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, kejadian tersebut bermula ketika penumpang yang bersangkutan hendak pergi ke toilet di dalam pesawat.

Dikira sebagai pintu toilet, penumpang tersebut malah menarik tuas pintu darurat pesawat yang letaknya memang berada dekat kamar kecil, sehingga membuat seluncuran darurat menjadi aktif.

Baca Juga: Tiba-tiba Hujan dan Banjir, Band Mall Ini Spontan Bawakan Lagu Titanic

"Seorang penumpang keliru membuka pintu darurat dan menyebabkan seluncuran darurat aktif," tulis Pakistan International Airlines dalam pernyataan resmi.

Akibat kejadian tersebut, PIA memilih untuk menunda penerbangan malam itu, dan memutuskan untuk memberikan fasilitas pengganti seperti makan, sarana transportasi, serta hotel, sebelum akhirnya diberangkatkan pada Sabtu pagi (8/6).

"Seluruh penumpang mendapat makan makan dan penumpang yang diturunkan disediakan sarana transportasi dan akomodasi hotel dan akan disesuaikan pada penerbangan berikutnya yang tersedia," terang juru bicara PIA.

Lebih lanjut, pihak PIA juga menyampaikan permintaan maaf karena telah membuat penumpang menjadi nggak nyaman akibat kejadian tersebut.

"PIA menyesalkan ketidaknyamanan yang ditimbulkan pada para penumpang karena insiden ini," tambah PIA.

Wah, untung aja sob pintunya kebuka sebelum lepas landas. Semoga insiden ini menjadi pelajaran bagi kita semua ya. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest