Follow Us

Ani Yudhoyono Meninggal karena Leukimia, 6 Masalah Kesehatan Ini Bisa Jadi Gejalanya

Bayu Galih Permana - Senin, 03 Juni 2019 | 15:33
Ani Yudhoyono ketika menjalani pengobatan kanker darah yang dideritanya.
Instagram/aniyudhoyono

Ani Yudhoyono ketika menjalani pengobatan kanker darah yang dideritanya.

HAI-Online.com - Seluruh masyarakat tanah air tengah dalam keadaan berduka, Ibu Negara dari presiden keenam Indonesia, Ani Yudhoyono menghembuskan nafas terakhir di National University Hospital Singapura pada Sabtu lalu (1/6), setelah berjuang melawan penyakit leukimia.

Menurut keterangan dokter Martha Wadleigh dari Dana-Farber Cancer Insitute, leukimia sendiri merupakan jenis kanker cair yang umumnya menyerang orang dewasa dengan rentang usia 50 hingga 70 tahun.

Meskipun gejala leukimia nggak begitu jelas, ternyata ada sejumlah masalah kesehatan yang dianggap sebagai tanda adanya kanker darah tersebut dalam tubuh seseorang.

Apa aja sih masalah kesehatan yang bisa jadi penanda leukimia? Langsung aja yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kelelahan

Kelelahan merupakan gejala umum dari leukemia. Mulailah bertanya-tanya ketika merasa sangat lelah sepanjang waktu padahal tidak sedang melakukan kegiatan yang padat. Penderita bakalan merasa tidak berenergi. Kelelahan terjadi akibat kekurangan darah.

Baca Juga: Pakaian Kaesang Dianggap Kurang Sopan Saat Melayat Ani Yudhoyono, Gibran: Akan Kami Beri Teguran Keras

2. Kulit pucat

Kanker dalam darah bisa membuat sel darah rusak atau menghambat produksi sel darah merah di sumsum tulang Akibatnya, bisa terjadi anemia yang menyebabkan kulit terlihat pucat. Tangan juga bisa terasa dingin sepanjang hari.

3. Mudah infeksi atau demam

Sel darah adalah komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh. Bila terkena leukemia yang mengacaukan sel-sel darah, kekebalan tubuh pun akan menurun. penderita akan menjadi mudah infeksi, lalu demam berulang.

Halaman Selanjutnya

4. Memar
1 2

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular