Follow Us

Banyak Orang Salah, Begini Cara Pegang Setir Mobil yang Baik dan Benar

Bayu Galih Permana - Selasa, 04 Juni 2019 | 13:25
Ilustrasi setir mobil
Pixabay/pexels

Ilustrasi setir mobil

HAI-Online.com - Nggak bisa dipungkiri, selama ini masih banyak orang yang nggak mengetahui cara memegang setir mobil yang baik dan benar, pokoknya mah asal nyaman dan mobil bisa jalan aja, bener nggak?

Padahal mengemudi sendiri nggak cuma harus nyaman, tapi juga harus memperhatikan faktor kenyamanan, apalagi ketika pengendara melakukan perjalanan dengan jarak cukup jauh dan waktu yang lama.

Berkaca dari hal itu, founder dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu baru-baru ini membagikan teknik memegang setir mobil yang baik dan benar bagi pengemudi mobil.

Seperti yang dikutip HAI dari GridOto, Jusri menjelaskan bahwa hal paling dasar saat mengemudi adalah menjaga agar jarak tangan dengan setir mobil nggak terlalu jauh, tapi juga nggak terlalu dekat.

Baca Juga: Mudik Jarak Jauh? Coba Bawa Bola Tenis Sob, Ini Manfaatnya Menurut Ahli

"Hal paling dasar adalah posisi jarak tangan dengan setir nggak terlalu jauh atau dekat supaya pergerakan tangan pada setir nggak terbatas," ujar founder JDCC tersebut.

Lebih lanjut, Jusri menjelaskan bahwa tangan kiri pengemudi harus berada di sekitar posisi jarum jam 9, sedangkan tangan kanan di sekitar posisi jarum jam 3, dengan kedua jempol diletakkan pada batang lingkar setir.

"Untuk lingkar setir berukuran 14 inci, posisi tangan kiri berada di jarum jam 9 sampai 10 serta tangan kanan pada posisi jarum jam 2 sampai 3," tambahnya.

Selain itu, sudut tekuk siku tangan sebagai ukuran jarak posisi duduk dengan setir adalah 20 sampai 35 derajat, sehingga pengemudi masih bisa melakukan manuver dengan mudah.

Cara pegang setir mobil yang baik dan benar
GridOto.com/Ryan

Cara pegang setir mobil yang baik dan benar

Hmm, gimana sob? Selama ini cara kalian pegang setir mobil udah bener belum nih? (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest