Follow Us

Ani Yudhoyono Meninggal Dunia Karena Kanker Darah, Penyakit Ini Ternyata Bisa Menyerang Remaja

Alvin Bahar - Sabtu, 01 Juni 2019 | 11:34
Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono
foto : kompas.com

Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono

HAI-ONLINE.COM - Mantan Ibu Negara, Ibu Ani Yudhoyono meninggal dunia di Singapura setelah mengidap kanker darah. Ia wafat pada Sabtu (1/6).

Kabar mengejutkan ini tentu membuat kita bertanya-tanya apa sebenarnya kanker darah itu? Melansir dari laman Kompas.com, kanker darah merupakan jenis kanker yang memengaruhi produksi dan fungsi sel darah.

Artinya, kalo seseorang mengidap penyakit ini, produksi atau fungsi sel darah pada tubuhnya nggak normal.Kanker darah merupakan jenis kanker yang sering dijumpai. Penderitanya juga berasal dari beragam usia, mulai dari remaja hingga orang dewasa. Untuk itu, kita perlu mengenal jenis dan gejala dari kanker darah. Senggaknya ada tiga jenis kanker darah paling umum yang diketahui hingga saat ini.

1. Leukimia Penyakit leukimia adalah salah satu jenis kanker darah yang paling umum dijumpai. Penyakit ini menyerang sel darah putih manusia dalam melawan infeksi. Itulah sebabnya, penyakit ini juga kerap disebut kanker sel darah putih. Ketika seseorang mengidap leukimia, sumsum tulangnya nggak mampu memproduksi sel darah merah dan trombosit yang cukup untuk memasok kebutuhan tubuh. Gejala lekukimia sendiri sebenarnya sulit dikenali. Apalagi, penyakit ini nggak memiliki ciri yang sangat khas. Meski begitu, beberapa gejala ini bisa jadi tanda untuk Anda meningkatkan kewaspadaan terhadap lekumia.

- Anemia- Darah suka membeku- Sering mengalami pendarahan seperti mimisan, memar, atau gusi berdarah- Rentan terhadap infeksi- Nyeri persendian atau tulang belakang- Sering sakit kepala- Nafsu makan menurun- Penurunan berat badan secara drastis- Keringat berlebih pada malam hari

2. Limfoma Kanker darah limfoma berkembang pada limfosit – tipe sel darah putih yang berperan untuk melawan infeksi.

Kanker jenis ini juga memengaruhi kelenjar getah bening, limpa, timus, sumsum tulang, dan bagian lain dari tubuh.

Limfosit yang nggak normal dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda.Hal ini akan mengurangi daya tahan tubuh penderitnya terhadap faktor berbahaya dari luar.Adapun gejala dari kanker darah limfoma adalah:

- Adanya tonjolan di bawah kulit, biasanya di selangkangan, leher, atau ketiak- Demam dan menggigil- Batuk yang nggak kunjung sembuh- Sesak napas dan nyeri di dada- Gatal-gatal di seluruh tubuh- Keringat berlebih di malam hari- Sakit perut, punggung, atau nyeri tulang- Merasa lemah, lesu, dan nggak bersemangat- Berat badan turun drastis- Nafsu makan menurun- Gangguan saraf- Ada darah dalam tinja atau muntah- Haid dengan volume darah yang berlebihan

3. Myeloma

Myeloma adalah jenis kanker yang terbentuk oleh sel plasma ganas.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest