Follow Us

Sukses di Ranah Medsos, TikTok Tertarik Bikin Smartphone Sendiri

Bayu Galih Permana - Jumat, 31 Mei 2019 | 18:00
TikTok
The Indian Express

TikTok

HAI-Online.com - Meraih kesuksesan di ranah media sosial semenjak dirilis pada tahun 2016 lalu, pihak penggarap aplikasi TikTok, ByteDance tertarik untuk melebarkan sayap ke dunia hardware dengan membuat smartphone mereka sendiri.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, Zhang Yiming selaku CEO dari ByteDance diketahui sudah lama memiliki keinginan untuk membuat smartphone berisi beragam aplikasi yang dibuat oleh perusahaannya.

Kabar ByteDance merambah dunia smartphone ini juga diperkuat dari laporan yang menyebutkan bahwa mereka telah menggandeng salah satu pabrikan smartphone asal China, Smartisan untuk mewujudkan hal tersebut.

Bahkan, ByteDance sendiri dikabarkan telah mematenkan smartphone itu, serta mempekerjakan sejumlah karyawan Smartisan demi mewujudkan mimpi sang CEO.

Baca Juga: 5 Aplikasi dan Situs yang Bisa Dipake Buat Pantau Kemacetan Saat Mudik

Sayangnya, apabila ByteDance benar-benar merilis smartphone, produk mereka diprediksi hanya akan mengudara di China karena akan sulit bersaing di pasar internasional.

Salah satu faktor yang bisa mengganjal ByteDance apabila pihaknya ingin merilis smartphone mereka di pasar internasional adalah perang dagang yang tengah memanas antara China dan Amerika Serikat.

Buat kalian yang belum tahu, salah satu pabrikan smartphone terbesar kedua di dunia asal China, Huawei baru-baru ini menjadi korban setelah dimasukkan ke daftar hitam Amerika Serikat untuk urusan bisnis dan perdagangan.

Hasilnya, Huawei pun harus kehilangan layanan dan lisensi Android dari Google akibat adanya perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Hmm, kalau menurut kalian sendiri gimana sob? Kira-kira mimpi ByteDance untuk membuat smartphone sendiri bakal terwujud nggak? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest