Follow Us

Waspada Kena Hoaks dari Screenshot Berita, Bikinnya Gampang Banget

Bayu Galih Permana - Sabtu, 18 Mei 2019 | 13:30
Ilustrasi Hoax
iStockphoto

Ilustrasi Hoax

HAI-Online.com - Buat kalian yang selama ini sering kemakan dan terpancing emosi dengan ujaran kebencian yang menyertakan hasil screenshoot judul artikel dari media ternama, mulai sekarang kalian harus lebih berhati-hati sob.

Seorang sobat Twitter dengan akun @ecek2 baru-baru ini berbagi ilmu mengenai bagaimana cara oknum nakal memanipulasi judul berita dari media online. sebelum akhirnya disebar dan menjadi hoaks yang memancing perseteruan antar masyarakat.

"Buat yang mudah percaya dengan skrinsut. Cek ulang sebelum disebarkan gaes daripada malu," tulis @ecek2 sambil memberikan tutorial mengganti judul dari salah satu media online yang ada di Indonesia.

Dalam video berdurasi 45 detik tersebut, @ecek2 tinggal masuk ke dalam artikel yang judulnya hendak diganti dan melakukan pengeditan dengan menggunakan javascript yang diakses dari smartphone.

Baca Juga : Meski Gagal Karena Bikin Ilfil, Cara PDKT High Tech Cowok Ini Viral di Media Sosial

Sontak video itu pun kemudian mengundang beragam komentar dari sobat Twitter, bahkan beberapa di antaranya juga mencobat melakukan tutorial yang diberikan oleh @ecek2 untuk membuktikan kebenarannya.

"Wow beneran bisa," tulis ehbram sambil memberikan contoh hasil garapannya.

Wah ternyata gampang banget ya sob, tapi cukup tahu aja jangan ditiru! Maka dari itu, mulai sekarang jangan langsung percaya deh dengan artikel-artikel hasil screenshoot doang tanpa membuktikan ke situs aslinya. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest