Follow Us

Bokek Buat Beli Baju Lebaran? Thrift Shopping Nggak Dosa Kok!

HAI Internship - Kamis, 23 Mei 2019 | 18:00
Ilustrasi
iStockphoto

Ilustrasi

HAI-Online.com - Nggak kerasa lebaran tinggal 2 minggu lagi. Gimana, udah punya baju baru buat dipake ketemu sanak-saudara waktu lebaran? Buat kalian yang lagi bokek dan cuma bisa ngandelin THR abis lebaran tapi mau pakai baju baru, HAI punya solusinya. Thrift shopping aja! Apatuh thrift shopping? Thrift shopping adalah belanja baju-baju bekas yang masih layak pakai. Tenang, kalau milihnya jeli dan teliti, lo justru bisa dapet barang yang bagus banget dengan harga yang murah banget sob. Thrift shop di Jakarta akan mudah lo jumpai di Pasar Senen, Jakarta Pusat. Begitu masuk, lo akan dibuat ngiler dengan harga baju yang kelewat murah. Nggak perlu bingung mau ke toko yang mana karena rata-rata semua toko yang ada di Pasar Senen sama aja, tinggal gimana lo milih milih baju nya. Saran aja nih, sebelum lo belanja nggak ada salahnya untuk ngeliat harga pasar terlebih dahulu walaupun bajunya tetep baju bekas atau secondhand. Biar apa? Supaya lo nggak dengan mudah mengiyakan harga yang kelewat murah ditawarkan. Jangan lupa sebelum membeli, cek dengan teliti kualitas baju-bajunya , secara ini emang baju-baju bekas, antara lo akan mendapatkan ‘harta karun’ atau ‘zonk’ sama sekali. Nggak mau kan, walaupun lo beli dengan harga Rp 10,000 ternyata begitu sampai rumah dan di cek isi nya noda semua? So, cek dulu sebelum membeli!

Baca Juga: Aldi Irpan, Siswa Kritis yang Nggak Diluluskan Kepseknya Tempuh Jalur HukumSelain di Pasar Senen, ada lagi tempat thrift shop di Jakarta yaitu di Metro Pasar Baru, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Di Pasar Baru ini tempatnya lebih bersih dan lebih tertata, tapi harganya emang lebih mahal dibanding di Pasar Senen. Lo nggak akan menemukan harga yang sampe bikin lo geleng-geleng kepala saking murahnya, tapi soal kebersihan dan kenyamanan tempat, udah pasti lebih nyaman di Pasar Baru. Tetep aja, jangan lupa baju-baju yang udah lo pilih-pilih itu mau semurah apa harganya harus lo cek dan teliti lagi. Ada noda dimana aja, jaitan nya gimana, ada bagian yang robek apa nggak, bau apa nggak, dan lainnya. Baru deh, keluarin jurus jitu tawar menawar sama abang yang jual. Tapi di Pasar Baru mau lo se kekeuh apapun nawar, harganya tetep nggak bisa semurah dan pilihan nya juga nggak sebanyak di Pasar Senen. Beralih ke wilayah selatan, buat anak-anak Jaksel yang mau nge thrift shopping bisa pergi ke Pasar Santa di bilangan Kebayoran Baru. Begitu masuk Pasar Santa, lo bisa langsung naik ke lantai 1, nah toko-toko thrift akan dimulai di lantai 1 dan ramai di lantai 2. Kalau pilihan di Pasar Baru udah lebih sedikit dibanding di Pasar Senen, di Pasar Santa akan jauh lebih sedikit kecuali kalau lagi ada event-event thrift festival tertentu. Untuk di Pasar Santa, nggak akan jadi masalah besar kalau lo nggak jeli dalam melihat kualitas barang, karena barang-barang di sana udah dikurasi dibanding dua pasar baju bekas yang udah disebutin duluan di atas. Secara tempat juga lebih bersih dan nyaman, banyak pilihan jajanan pula yang bisa lo cobain kalau udah capek belanja baju. Baju-baju di Pasar Santa biasanya start from Rp 50,000- Rp 75,000, emang jauh lebih mahal, tapi soal kualitas, nggak bisa bohong juga kalau baju-baju di Pasar Santa emang jauh lebih bagus. Nggak cuma baju, di Pasar Santa juga menjual banyak kaset-kaset jadul dan barang-barang yang biasa lo temuin di pasar- pasar pada umumnya. Yang bentuknya bazaar atau selain pasar thrift yang permanen juga bisa lo temuin di Cibubur Junction. Tapi karena bukan khusus pasar barang bekas, tentu saja nggak selalu ada, Cuma ada di periode-periode tertentu aja. Selain di Cibubur Junction, thrift shop dengan konsep bazaar juga bisa lo temuin di ITC Permata Hijau.

Di Instagram juga bisa

Buat lo yang mager keluar rumah dan hobinya liat-liat baju lewat handphone aja, lo bisa cari di Instagram. Harga emang lebih mahal, belum di tambah ongkir dan lo nggak bisa melihat dan memastikan secara langsung kualitas barang yang lo mau. Tapi secara waktu dan tenaga, pilihan yang terakhir ini akan jadi pilihan yang praktis banget, apalagi untuk lo yang nggak tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Bisa langsung lo cek akun Instagram nya, kayak @thriftboys.id yang khusus menjual jaket-jaket vintage dan kaos-kaos vintage yang biasa dipakai sama cowok. Buat kalian cewek-cewek yang mau bergaya sporty atau tomboy, bisa langsung kepo-in Instagramnya. Untuk harga, bisa dibilang nggak murah untuk sebuah thrift shop, tapi secara kualitas oke punya. Kalo mau nyari barang-barang yang mendukung gaya vintage kalian, bisa langsung cek Instagramnya @hippie.thrift. Ada waistbag warna-warni ala 80an, anting-anting hipster, jam tangan kalkulator warna-warni dan juga ada banyak pilihan kaos kaki.

Barang-barang nya baru, tapi cocok banget untuk gaya vintage lo, apalagi harga nya juga nggak mahal. Buat cewek-cewek yang lagi nyari outter atau luaran yang murah dan bergaya vintage, bisa langsung cek Instagram nya @buntelancinta, di sana banyak jual kemeja kebesaran jaman dulu yang bisa cewek-cewek jadiin outter. Secara harga nggak mahal, dengan harga dibawah Rp 100,000 lo udah bisa dapet barang bagus. Saran terakhir buat lo yang hobi atau akan melakukan thrift shopping secara offline atau dateng langsung Pasar-Pasar barang bekas, jangan lupa bawa hand sanitizer dan cuci tangan setelah ngubek-ngubek baju bekas. Dan ada baiknya baju bekas yang lo beli, direndam dulu selama satu hari sebelum lo cuci pakai mesin cuci. Selamat berbelanja anti bokek buat lebaran!

Penulis: Felisitas Anya, SMA Kolese Gonzaga

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest