Follow Us

WhatsApp dan Instagram Eror, Pemerintah: Kami Adakan Pembatasan Akses di Medsos

Bayu Galih Permana - Rabu, 22 Mei 2019 | 15:18
Ilustrasi WhatsApp
Pixabay / arivera

Ilustrasi WhatsApp

HAI-Online.com - Beberapa jam terakhir, netizen di Indonesia terlihat mengeluhkan sejumlah aplikasi media sosial seperti Instagram ataupun WhatsApp yang mengalami gangguan ketika mengirimkan pesan ataupun memposting gambar.

Setelah HAI melakukan penelusuran lebih lanjut, masalah pada aplikasi seperti Instagram maupun WhatsApp terjadi karena pemerintah mengambil langkah pembatasan sementara akses tertentu di media sosial.

Dilansir dari Kompas.com, langkah ini sendiri diambil pemerintah guna mencegah tindak provokasi hingga penyebaran berita bohong kepada masyarakat yang memicu terjadinya kericuhan setelah Bawaslu membacakan hasil Pemilu 2019.

"Akan kami adakan pembatasan akses di media sosial. Fitur tertentu tidak diaktifkan untuk menjaga agar hal-hal negatif tidak terus disebarkan ke masyarakat," ujar Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Rabu (22/5).

Baca Juga: Ini Tata Cara dan Biaya Perpanjangan SIM di Layanan Keliling

Menurut keterangan Menkominfo, Rudiantara pembatasan akses di media sosial ini hanya berlaku untuk sementara, hingga situasi kondusif dan oknum-oknum terkait berhenti menyebarkan hoaks yang memicu kericuhan di tengah masyarakat.

"Teman-teman akan alami pelambatan kalau download atau upload video karena viralnya yang negatif ada di sana. Sekali lagi ini sementara," terang Kominfo, Rudiantara.

Sebelumnya, hastag #instagramdown dan #WhatsAppDown mengisi daftar trending teratas Twitter Indonesia seiring banyaknya pengguna yang mengeluhkan bahwa sejumlah aplikasi media sosial nggak bisa digunakan seperti biasa.

Kita doakan aja sob, semoga masalah di negara kita ini bisa selesai dan seluruh masyarakat bisa kembali hidup rukun satu sama lain. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular