Follow Us

Mantan Pebalap F1 dan Inspirasi Film 'Rush', Niki Lauda, Wafat di Usia 70

Syifa Nuri - Rabu, 22 Mei 2019 | 14:05
Niki Lauda, pebalap legenda F1 tutup usia di umur 70 tahun

Niki Lauda, pebalap legenda F1 tutup usia di umur 70 tahun

HAI-Online.com - Nikolaus "Niki" Lauda, mantan pebalap legenda Formula 1 tutup usia di pada Senin, 20 Mei waktu setempat di umur 70 tahun. Niki Lauda adalah pebalap F1 asal Austria yang rivalitasnya dengan pebalap James Hunt pada era 70-an menjadi inspirasi di balik film "Rush" yang digarap Ron Howard.

"Kesuksesannya sebagai seorang atlet dan pengusaha akan tidak terlupakan," kata keluarga Lauda dalam sebuah statement dilansir dari The Wrap. "Keinginannya yang tinggi, kelugasannya dalam bersikap, dan keberaniannya akan terus menjadi contoh dan standard untuk kita semua. Di balik perhatian publik, dia adalah seorang suami, ayah, dan kakek yang peduli. Kami akan rindu sekali padanya."

Niki Lauda lahir pada 1949, memilih karier di dunia balapan walaupun nggak disetujui sama keluarganya. Keinginannya untuk sukses membuatnya menempuh jalan tak lazim. Lauda mengambil pinjaman ke bank sebesar £30,000 pada 1971 untuk mendapatkan tempat di tim.

Kesempatan besarnya datang 3 tahun kemudian saat dia diundang untuk bergabung dengan tim Ferrari. Dan sejak itu mulai menjadi pebalap terbesar di F1 selama berpuluh tahun selanjutnya.

Baca Juga: Ini Beberapa Jalan yang Ditutup Karena Aksi Massa 22 Mei di Bawaslu

Lauda berhasil menjadi juara dunia F1 sebanyak 3 kali, pada 1975, 1977, dan 1984. Dua gelar pertamanya ia raih bersama Ferrari, dan yang terakhir bersama McLaren. Kesuksesannya jadi semakin keren karena ia berhasil meraih gelarnya yang kedua dan ketiga pasca dirinya hampir terbunuh saat kecelakaan di 1976 German Grand Prix.

Lauda menderita luka bakar serius di kepala dan kerusakan paru-paru dan darah yang serius dari menghirup asap beracun. Hebatnya, Lauda berhasil kembali balapan hanya 6 minggu pasca kecelakaan tersebut.

Di antara para fans F1, Lauda dikenal dengan rivalitasnya dengan sesama pebalap F1, James Hunt sejak 1973 hingga 1979. Rivalitas ini kemudian digambarkan di film "Rush". Lauda diperankan oleh Danie Bruhl, dan James Hunt oleh Chris Hemsworth. Filmnya sendiri berfokus pada musim 1976 dan kecelakaan Lauda.

Lauda pensiun sejenak dari F1 pada 1979, dan kembali pada 1982 untuk melanjutkan kesuksesannya. Pada 1985 ia pensiun permanen dan beralih ke bisnis aviasi dan menciptakan Lauda Air.

Lauda tetap terlibat di F1 dengan posisi managerial pada 1993, dan tetap berada di organisasi hingga 2002.

Artikel ini sudah tayang di The Wrap dengan judul Niki Lauda, Austrian Formula One Legend Portrayed in the Film 'Rush', Dies at 70

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest