Follow Us

Google Bakal Cabut Lisensi Android untuk Smartphone Huawei

Ricky Nugraha - Selasa, 21 Mei 2019 | 19:30
Ilustrasi

Ilustrasi

HAI-online.com - Google dikabarkan bakal mengambil langkah ekstrem dengan menghentikan kerja sama dengan Huawei terkait perang dagang antara Amerika Serikat dan China, baik hardware maupun software.

Setelah dinyatakan masuk dalam daftar hitam oleh pemerintah AS, Huawei kini berpotensi kehilangan lisensi sistem operasi Android miliknya.

Ini adalah tindak lanjut atas peraturan pemerintah AS yang melarang Huawei membeli segala komponen dalam bentuk apa pun dari perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintah setempat.

Selain kehilangan lisensi, smartphone Android berikutnya yang digarap Huawei akan kehilangan akses ke layanan utama milik Google, termasuk Google Play Store, Gmail, dan YouTube.

Baca Juga: Sebelum Upgrade, Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangan Android Q Beta 3

Juru bicara Google pun telah memberikan pernyataan resmi perusahaan terkait kabar penarikan lisensi Android Huawei.

"Kami mematuhi order yang diberikan (pemerintah AS) dan sedang menganalisis dampaknya", ujar juru bicara Google kepada situs Android Police. Akun Twitter resmi Android pun telah mengkonfirmasi hal tersebut.

Meski begitu, Huawei masih memiliki kesempatan untuk menggunakan sistem operasi Android meski telah kehilangan lisensi. Pasalnya, Android merupakan sistem operasi terbuka (open-source) yang berbasis komunitas.

Cuma, aplikasi buatan Google lain, seperti Gmail, Chrome, dan Play Store, nggak akan dapat digunakan di smartphone Android karena layanan tersebut memerlukan perjanjian komersial antara Huawei dan Google.

Baca Juga: Belum Lama Meluncur, Aplikasi Direct Message Instagram Ditutup

"Huawei hanya akan dapat menggunakan sistem operasi Android versi publik dan tidak akan mendapatkan akses ke aplikasi dan layanan eksklusif dari Google," ujar sumber tersebut.

Dikutip dari Reuters, dengan dicabutnya lisensi ini, artinya Huawei nggak akan lagi mendapat dukungan teknis dari Google. Meski begitu, hal tersebut sejatinya sudah diantisipasi oleh Huawei sejak jauh-jauh hari.

Huawei dikabarkan telah menyiapkan sebuah "rencana B" yakni dengan membuat serta mengembangkan teknologi sendiri seandainya Huawei diblokir dari penggunaan Android.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Google Akan Cabut Lisensi Android Smartphone Huawei."

Source : Kompas.com, Reuters

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest