Follow Us

Alexander Farrel, Siswa Penyandang Tuna Netra Ini Dapat Nilai UN Matematika 100 dan Diterima UGM

Ricky Nugraha - Minggu, 19 Mei 2019 | 20:53
Alexander Farrel Rasendriya
Kompas.com/Wijaya Kusuma

Alexander Farrel Rasendriya

HAI-online.com - Alexander Farrel Rasendriya (18) merupakan difabel tuna netra yang baru saja lulus dari SMA Negeri 3 Yogyakarta dengan prestasi yang cukup mentereng.

Remaja yang punya hobi bermain alat musik gitar ini mampu meraih nilai matematika 100 dalam ujian nasional (UN).

Nggak cuma itu, total nilai ujiannya bahkan berada di tiga besar jurusan IPS SMA Negeri 3 yang notabene salah satu sekolah favorit di Yogyakarta.

"Nilai selain matematika lumayan sih, Bahasa Inggris itu 96, Sosiologi 90. Yang paling rendah itu nilai Bahasa Indonesia, 82," ujar Alexander Farrel Rasendriya dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga : 7 Fakta Aldi Irpan, Siswa SMA yang Nggak Lulus Gara-gara Kritik Kepala Sekolah

Farrel sendiri awalnya ingin mengambil jurusan IPA, namun setelah mendengar saran dari gurunya saat di SMP, maka ia memutuskan untuk mengambil IPS.

"Awalnya kepikiran IPA, terus dikasih tahu guru SMP kalau akan lebih kesulitan di IPA karena banyak eksperimen, kan susah to mas. Terus diarahkan ke IPS," ungkapnya.

Selama sekolah di SMA Negeri 3 Yogyakarta, Farrel nggak mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Guru maupun teman-teman sekolahnya selalu terbuka membantu dan memberikan dukungan kepadanya.

Jadi, dirinya merasa nyaman dengan lingkungan yang mendukung tersebut, dan membuatnya semakin fokus dalam belajar.

Baca Juga : Dapet Nilai UN Terbaik se-KalSel, Siswi Ini Tetap Nggak Dapat Bonus

"Kendalanya paling kalau ada pelajaran atau soal dengan bergambar, biasanya saya meminta agar dijelaskan ulang sama guru, atau saat les. Kalau dirumah ya minta dijelaskan orang tua," ujarnya.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular