Follow Us

Bermula dari Ajaran Baca Komik, Siswa SMAN 68 Jakarta Raih Nilai UNBK Sempurna

Bayu Galih Permana - Rabu, 15 Mei 2019 | 13:30
Siswa SMA Negri 68 Jakarta, Muhammad Dzul Fakhri mendapatkan nilai sempurna pada UNBK 2019.
TRIBUN JAKARTA / DIONISIUS ARYA BIMA SUCI

Siswa SMA Negri 68 Jakarta, Muhammad Dzul Fakhri mendapatkan nilai sempurna pada UNBK 2019.

HAI-Online.com - Nggak cuma Ananda Hafidh Rifai dari SMAN 4 Surakarta, salah seorang siswa SMAN 68 Jakarta Pusat, Muhammad Dzul Fakhri juga berhasil membuat banyak orang takjub usai mendapatkan nilai sempurna saat menerima hasil UNBK 2019.

Seperti yang dilansir HAI dari Tribun Jakarta, cowok yang berhasil meraih nilai UNBK 2019 terbaik se-DKI Jakarta tersebut mendapatkan nilai rata-rata 100 dari empat mata pelajaran yang diujikan, di antaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Kimia.

Menurut pengakuan ibu Fakhri, Rosita Devi, hasil yang didapat oleh anaknya tersebut nggak lepas dari didikan baca komik sejak masih kecil, yang kemudian membuat dia menjadi gemar membaca.

"Dulu saat dia kecil sampai SMP saya masih sering beli buku komik, setiap saya beli pasti dia tanya ceritanya gimana. Kemudian dia juga baca komik itu. Sampai SMP-lah baca komik itu, sekarang dia sudah menemukan keasikan membaca yang lain," ujar Rosita.

Baca Juga: Viral Cowok 19 Tahun Jadi Pahlawan Setelah Selamatkan 14 Orang dari Gedung yang Terbakar

Menariknya lagi, Rosita sendiri mengaku bahwa dia sama sekali nggak pernah menuntut Fakhri untuk mendapat nilai bagus, dan memberikan sang anak kesempatan bermain seperti layaknya anak seusia dirinya.

"Tanggung jawab, sebagai anak dia harus hormat kepada orangtua dan sebagai murid dia harus belajar. Saya enggak pernah menuntut dia dapat nilai bagus, apa adanya mengalir saja. Kalau mau main game ya saya biarkan saja yang penting dia sudah nyicil belajar," tambahnya.

Meski terkesan memberi kebebasan, Rosita mengatakan bahwa dia tetap melakukan pengawasan dengan mengecek ponsel sang anak sesekali supaya mengetahui bagaimana dan bersama siapa Fakhri pergi bermain.

"Sebisa mungkin saya cek sesekali ponselnya, saya pantau siapa temannya dan kalau mau main juga sama siapa dan kemana. Terlihat protektof sih, tapi buat jaga-jaga saja. Boleh berteman dengan siapa saja tapi saya harus tahu, mau main kemana dan sama siapa," terangnya.

Atas capaian tersebut, Rosita mengaku sangat bersyukur, apalagi Fakhri kini juga sudah diterima di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Wih, keren nih! Semoga ini bisa memotivasi kita semua ya sob, siapa tau kalian bakal jadi the next Fahri di UNBK tahun depan. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest