Follow Us

Peraih Nilai UNBK SMA dengan Rata-rata 100 Bocorin Rahasia Suksesnya

Bayu Galih Permana - Rabu, 15 Mei 2019 | 09:00
Ananda Hafidh Rifai Kusnanto
LABIB ZAMANI / KOMPAS.com

Ananda Hafidh Rifai Kusnanto

HAI-Online.com - Sempurna, ungkapan tersebut sepertinya pantas untuk menggambarkan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 dari salah seorang siswa kelas XII IPA 6 SMAN 4 Surakarta, Ananda Hafidh Rifai Kusnanto.

Bayangin aja sob, cowok berusia 17 tahun tersebut berhasil mendapat nilai 100 di seluruh mata pelajaran yang diujikan dalam pelaksanaan UNBK 2019, di antaranya Matematika, Fisika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, Hafidh sendiri mengaku terkejut setelah mendapatkan angka 100 di keempat pelajaran yang diujikan di UNBK karena sejak awal, dia hanya menargetkan untuk meraih nilai bagus saja.

"Awalnya yang penting nilainya bagus. Tapi, ternyata setelah melihat hasil nilainya, saya terkejut. Semua total nilainya 400," ujar Hafidh ketika ditemui di sekolahnya.

Baca Juga: Corat-coret Seragam Saat Kelulusan SMA Masih Sering Terjadi, Kenapa Nggak Disumbangkan Aja Sih?

Lebih lanjut, Hafidh menjelaskan bahwa dia selama ini nggak pernah mengikuti bimbingan belajar (bimbel) karena nggak ingin membebani sang ibu yang seorang single parent, dan hanya berlatih dengan mengandalkan buku ataupun latihan dari pihak sekolah.

"Ibu tidak banyak uang. Takut repotin ibu. Jadi, banyak latihan soal saja di rumah sama belajar buku dari sekolah. Itu saya lakukan rutin setiap hari," tambah siswa yang kini telah diterima di Jurusan Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut.

Menanggapi raihan yang berhasil dicapai anak didiknya, Meyra Dwi selaku Waka Bidang Kurikulum SMAN 4 Surakarta mengaku bahwa dia nggak menyangka Hafidh mendapatkan nilai sempurna, mengingat dia selama ini dikenal sebagai sosok yang pendiam.

"Nggak menyangka (Hafidh) anak yang the best atau luar biasa. Nggak ada orang yang melihat. Penampilannya kelihatan biasa sekali. Sejak tahun 2000 saya mengajar di sini, baru sekarang ada anak mutlak nilainya," terang Meyra.

Wah, ini baru keren sob! Semoga kisah Hafidh bisa memotivasi kita semua ya, siapa tahu tahun depan giliran kalian yang mendapatkan nilai UNBK sempurna? (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest