Follow Us

Kacau! Ini Dampak yang Terjadi Kalo Buang Tisu Basah ke Toilet

Ricky Nugraha - Sabtu, 04 Mei 2019 | 19:15
Fatbergs akibat tisu basah.
Intisari

Fatbergs akibat tisu basah.

HAI-online.com - Ketika menggunakan toilet di tempat-tempat umum, mungkin kalian sering menjumpai peringatan untuk nggak membuang benda-benda tertentu ke dalam dalam kloset.

Benda-benda tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu saluran pembuangan. Salah satu benda yang paling sering dibuang ke kloset adalah tisu basah.

Tisu basah sendiri mirip dengan plastik yang nggak mudah terurai karena bahan-bahan penyusunnya. Hal ini sering kali membuatnya menjadi sumbatan di lubang kloset.

Suatu perusahaan air di Inggris telah membuktikannya. Dilansir dari Intisari Online, perusahaan air tersebut menghabiskan sekitar 88 juta poundsterling (atau sekitar Rp1,4 triliun) dalam setahun untuk membersihkan 360.000 penyumbatan yang mendorong terbentuknya suatu tumpukan seperti lemak yang kerap disebut "fatbergs" atau "poobergs".

Baca Juga : Libatkan 30 Seleb untuk Lagu “Earth”, Leornardo DiCaprio Ingetin Lagi Kondisi Bumi dan Sampahnya!

Setengah dari penyumbatan tersebut ternyata disebabkan oleh tisu basah tadi.

Pada Februari 2016, sebuah fatberg besar dari tisu bayi, popok serta lemak minyak bekas memasak, ditemukan "bersembunyi" di bawah jalan-jalan Oxford, Inggris, yang akhirnya menyebabkan banjir di perumahan.

Bulan Juni di tahun yang sama, pekerja selokan terpaksa untuk mengangkut sebuah fatberg berbau tengik sebesar van transit di South Hykeham, Lincs.

Melihat hal ini, perusahaan air menyerukan label baru pada tisu basah karena sudah sering menimbulkan kasus kekacauan lingkungan.

Baca Juga : Cerita Pemungut Sampah yang Hidup dari Barang-barang Buangan Mark Zuckerberg

Para ahli mengatakan, konsumen sedang disesatkan oleh kemasan pada tisu karena mereka nggak tahu dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh tisu basah.

Perusahaan air Inggris sekarang telah mengeluarkan saran tentang apa saja produk rumah tangga yang dapat dan tidak dapat dibuang ke toilet.

Mereka juga mendesak perusahaan untuk menandai dengan jelas tisu dan produk kebersihan pribadi dengan "Jangan Dibuang ke Toilet".Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Buang Tisu Basah ke Toilet, Dampaknya Bak Timbunan Lemak."

Source : Kompas.com, Intisari Online

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest