Follow Us

Apakah Badge OSIS Dulu Dipakai di Tangan Kanan? Ini Sejarahnya!

Al Sobry - Kamis, 02 Mei 2019 | 10:10
Apakah Badge OSIS Dulu Dipakai di Tangan Kanan? Ini Sejarahnya!
HAI doc

Apakah Badge OSIS Dulu Dipakai di Tangan Kanan? Ini Sejarahnya!

HAI-Online.com – Ngomongin seragam sekolah, tahukah kamu lambang OSIS yang biasanya kamu pakai di saku seragam sekolah dibuat oleh lulusan ITB?

Nah, sebelum membahas sejarah badge atau bet OSIS lebih lanjut, HAI bakal menjawab pertanyaan di atas dulu. Apakah bet OSIS sebelumnya dipakai di tangan kanan dan bukan di saku seragam sekolah?

Jawabannya, untuk sekolah formal umumnya badge diletakan di saku dan bukan di lengan kanan seperti foto di atas.

Foto tersebut hanya menunjukan bahwa ada satu sekolah swasta dengan sistem asrama bernama ‘Sekolah Pemimpin bangsa’ yang dididik untk jadi pejabat menggunakan seragam safari dan tetap menyertakan logo osis di bahu tangannya.

Baca Juga : Pebalap Asal Depok Unggul Ikut Moto2 Qatar 2019, Ini Posisinya!

Sejarah badge OSIS justeru dimulai dari H. Idik Sulaeman Nataatmadja, AT. Beliau adalah lulusan seni rupa dari Institut Teknologi Bandung yang akhirnya mencetuskan bet OSIS.

Sebagai salah satu orang penting dalam bidang penelitian serta pengabdi pendidikan di Indonesia, karie pak Idik dimulai ketika bekerja di Balai Penelitian Tekstil (1960-1964). Kemudian, ia diangkat menjadi Kepala Biro Menteri Perindustrian dan Kerajinan pada tanggal 1 Februari 1965. Setelah itu, ia pindah kerja ke Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) dan menjabat sebagai Kepala Dinas Pengembangan dan Latihan sejak tanggal 1 Desember 1967. Kemudian pada tanggal 30 Juni 1975, ia ditunjuk sebagai Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Pembinaan Kegiatan di Direktorat Pembinaan Generasi Muda (Ditbinmud).

Selanjutnya, ia pindah kerja di Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dan menjabat sebagai Direktur Pembinaan Kesiswaan sejak tanggal 24 November 1979 hingga 15 November 1983.

Pada saat itulah ia kemudian menciptakan lambang sekolah dasar (SD) dan OSIS di saku seragam sekolah yang bertahan hingga kini.

Makna dari lambang OSIS ternyata kompleks, guys! Jika diperhatikan setiap detilnya punya filosofi tersendiri.

Logo OSISku besar

Logo OSISku besar

Gambar buku terbuka misalnya, berartikan bahwa siswa itu harus belajar keras dalam menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pembangunan bangsa dan negara.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest