Follow Us

Mempelajari Perilaku Remaja dan Kesehatan Sexual Lewat Game 'PlayForward: Elm City Stories'

Bayu Galih Permana - Senin, 29 April 2019 | 18:30
PlayForward: Elm City Stories
Yale's play2Prevent Lab

PlayForward: Elm City Stories

HAI-Online.com - Guna mengurangi perilaku kurang baik dan meningkatkan pengetahuan soal kesehatan sexual pada remaja, seorang profesor kedokteran dari Yale School of Medicine, Lynn Fiellin membuat game dengan nama PlayForward: Elm City Stories.

Dilansir dari Science Daily, video game sendiri dipilih oleh Fiellin menjadi sarana penelitian karena dianggap sebagai media yang mudah dan paling sering diakses oleh kaum remaja.

Melibatkan tim peneliti, Fiellin diketahui merekrut lebih dari 300 remaja, dengan rentang usia 11 hingga 14 tahun, dari program afterschool dan summer school yang ada di wilayah New Haven untuk menjadi objek penelitian.

Dalam waktu 6 minggu, remaja-remaja tersebut diminta untuk memainkan game buatannya yang berisi berbagai tantangan dan pilihan situasi kehidupan fiktif namun realistis, selama 2 kali setiap minggunya dengan durasi 75 menit.

Baca Juga : Anak Asuh Cetak Gol Kontroversial, Pelatih Leeds United Persilahkan Lawan Jebol Gawang Timnya

Hasilnya, Fiellin mengaku bahwa pihaknya berhasil menemukan perubahan positif yang signifikan dan berkelanjutan dari remaja-remaja tersebut, baik dalam hal sikap maupun pengetahuan terkait kesehatan sexual.

"Kami melihat adanya perubahan positif yang signifikan dan berkelanjutan dalam hal sikap dan pengetahuan kesehatan sexual," terang Fiellin.

Sebagai contoh nih, kelompok remaja yang memainkan PlayForward: Elm City Stories dinilai lebih mengerti bahwa memang benar seorang gadis bisa hamil ketika mereka berhubungan sex untuk pertama kalinya.

Ke depannya, Fiellin beserta tim memiliki rencana untuk memperbaiki dan menyebarkan lebih jauh konten permainan dengan tujuan mempengaruhi perilaku remaja, apalagi mereka telah menerima dana tambahan untuk memodifikasi game tersebut.

Hmm menarik juga nih, ada yang tertarik nggak sob buat ikut nyobain game-nya? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest