Follow Us

SMA Al Islam 1 Surakarta Bagikan Bibit Pohon untuk Rayakan Hari Bumi dan Hari Kartini

Alvin Bahar - Senin, 22 April 2019 | 19:00
Pelajar SMA Al-Islam 1 Surakarta merayakan Hari Kartini dan Hari Bumi pada saat CFD di sepanjang Jalan Lawu Karanganyar, Minggu (21/4/2019).


TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI

Pelajar SMA Al-Islam 1 Surakarta merayakan Hari Kartini dan Hari Bumi pada saat CFD di sepanjang Jalan Lawu Karanganyar, Minggu (21/4/2019).

HAI-ONLINE.COM - Beragam cara dilakukan masyarakat Indonesia dalam memperingati Hari Kartini yang jatuh tanggal 22 April 2019.Hari Kartini nggak melulu diperingati dengan berbusana kebaya rapi, lengkap dengan sanggul. Pembagian ratusan bibit tanaman jadi cara dari pelajar SMA Al Islam 1 Surakarta dalam memperingati Hari Kartini.Selain memperingati Hari Kartini, mereka juga memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April 2019.Sebanyak 300 bibit tanaman dibagikan gratis kepada warga Karanganyar saat Car Free Day (CFD) di sepanjang Jalan Lawu Karanganyar, Minggu (21/4/2019).Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMA Al-Islam 1 Surakarta, Sarwo Edi mengatakan, momentum hari kartini bukan sekadar perayaan hari besar nasional, akan tetapi diharapkan bisa jadikanlah sebagai cara merefleksi untuk memotivasi diri.

Baca Juga : Direkam Saat Lagi Mandi, Mahasiswi Ini Minta Keadilan dari KampusnyaSelanjutnya diimplementasikan dengan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari.Selanjutnya, terkait dalam memperingati Hari Bumi, puluhan pelajar yang tergabung dalam Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR) SMA Al Islam 1 Surakarta mengambil tema justice for earth."Kami mengajak masyarakat supaya bumi nggak tercemar, indah dan sejuk. Maka kami adakan kegiatan pembagian tanaman secara gratis supaya ditanam di lingkungan sekitar," kata Sarwo Edi kepada Tribunjateng.com, Minggu (21/4/2019).Ia menuturkan, ada sekitar 300 bibit tanaman yang dibagikan kepada masyarakat."Ada beragam jenis tanaman yang dibagikan. Ada pepaya, sawi, cabai, dan jati. Bibit itu hasil pembenihan sendiri dari KIR SMA Al-Islam 1 Surakarta," ungkapnya.

Selain mengajak masyarakat menanam pohon di lingkungan sekitar, juga sekaligus mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik."Paling nggak, kita bisa mengurangi dan memilah pembuangannya sampah. Baik itu organik maupun anorganik. Saat ini anak-anak sudah mulai mengembangkan pengolahan sampah organik (daun dan tulang) yang dijadikan pupuk cair. Saat ini (pupuk cair) baru digunakan di lingkungan sekolah," jelasnya.Adapun selain pembagian bibit tanaman, bekerja sama dengan alumni yang sudah jadi dokter."Kami mengadakan cek kesehatan gratis, seperti pengukuran tensi darah, cek gula darah, cek kolesterol dan asam urat," paparnyaSarwo mengungkapkan, sebelum di Kabupaten Karanganyar, kegiatan outing class ini sudah dilakukan di Solo, Klaten dan Boyolali."Paling nggak mereka mempunyai pengalaman dan bisa berbaur dengan masyarakat. Ilmu yang didapat bisa dibaktikan kepada masyarakat," tandasnya.Seusai mendapatkan bibit tanaman, selanjutnya masyarakat diajak menjaga bumi dengan menandatangani petisi yang sudah disediakan. (ais)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Rayakan Hari Kartini dan Hari Bumi, Siswa SMA Al Islam 1 Surakarta Bagikan Bibit Pohon.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest