Follow Us

Meski Rumahnya Hilang Diterjang Tsunami, Pelajar Ini Tetap Semangat Ikuti UNBK

Ricky Nugraha - Kamis, 04 April 2019 | 14:30
Alfin Faiz Bara Mentari
Erna Dwi Lidiawati/Kompas.com

Alfin Faiz Bara Mentari

HAI-online.com - Alfin Faiz Bara Mentari, adalah seorang pelajar kelas 12 di SMA Negeri Madani Palu, Sulawesi Tengah. Saat ini, ia tengah mengikuti Ujin Nasional Berbasis Komputer ( UNBK) di sekolahnya.

Alfin merupakan salah satu pelajar yang terdampak parah saat gempa bumi melanda tiga wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah. Rumahnya berada tak jauh dari bibir pantai, tepatnya di Desa Wani, Kecamatan Tavaeli, Kabupaten Donggala.

Rumah yang ditinggalinya bersama ibu dan saudaranya itu luluh lantak di landa gempa bermagnitudo 7,7 dan dihantam gelombang tsunami pada 28 September 2018 lalu.

Beruntung, saat peristiwa itu terjadi, Alfin dan seluruh keluarganya selamat. Tapi, rumah beserta isinya tak ada yang bisa diselamatkan, termasuk buku tulis, baju sekolah dan buku pelajaran semua lenyap disapu gelombang tsunami.

Baca Juga : Salut! Meski Diinfus dan Pakai Kursi Roda, 2 Pelajar di Sumsel Tetap Gigih Ikuti UNBK

Dari pengakuan Alfin, baju sekolah, tas dan sepatu yang dipakainya saat ini adalah bantuan dari teman-temannya.

“Motivasi orangtua, teman, dan juga guru, menjadi semangat saya untuk belajar lebih keras. Kejadian ini merupakan ujian dari Allah SWT. Makanya saya tetap semangat dan semoga bisa lulus dengan nilai baik,” kata Alfin dikutip dari Kompas.com.

Dua hari pasca-pelaksanaan UNBK semua soal dijawabnya dengan baik. Ia juga tampak bersemangat seperti anak remaja pada umumnya dan tak terlihat murung di raut wajahnya.

Pelaksanaan UNBK serentak dilaksanakan sejak Senin (1/4/2019) diseluruh wilayah di Indonesia. Termasuk, di tiga wilayah di Sulawesi Tengah, yang terdampak bencana alam.

Baca Juga : Soal UNBK Matematika Dinilai Susah, Kemdikbud Dibanjiri Curhatan

“Semua pelaksanaan UNBK bagi daerah yang terdampak bencana berjalan dengan baik. Semua siswa yang mengikuti UNBK menggunakan gedung sekolah yang kondisinya layak untuk digunakan. Tidak ada lagi siswa yang belajar di tenda-tenda,” kata Irwan Lahace, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah.

Sampai saat ini, belum ada kendala yang dihadapi ketika UNBK berlangsung. Jika terjadi kendala pada sistem, pihak panitia sudah menyiapkan ujian nasional secara offline.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest