Follow Us

Jatuh Pada 1 April, 5 Kejadian Besar Ini Dikira Orang Cuma April Mop

Bayu Galih Permana - Senin, 01 April 2019 | 14:30
Marvin Gaye
GreenLight Rights

Marvin Gaye

HAI-Online.com - Bukan sebuah rahasia lagi, selama ini banyak orang meragukan keaslian dari berita-berita yang muncul pada 1 April karena tanggal tersebut selama ini diperingati sebagai April Fool's Day atau lebih kita kenal dengan April Mop.

Contohnya aja nih, pada 1 April 1988, surat kabar Izvestia menyebarkan berita menghebohkan yang menyebut bahwa salah satu legenda sepak bola asal Argentina, Diego Maradona memilih untuk hengkang dari Napoli menuju Spartak Moskwa.

Namun, transfer itu ternyata nggak pernah terjadi, meskipun akhirnya Maradona meninggalkan Napoli untuk bergabung bersama salah satu klub raksasa La Liga, Sevilla pada bursa transfer musim panas tahun 1991.

Banyaknya kabar palsu itu lah yang kemudian membuat banyak orang nggak mempercayai berita-berita yang muncul pada tanggal 1 April, bahkan sejumlah kejadian-kejadian besar di dunia malah sempat dianggap sebagai april mop belaka.

Baca Juga : Salut, Hujan Boneka Jadi Aksi Solidaritas Bonek untuk Anak Penderita Kanker

Kira-kira kejadian apa aja sih? Daripada penasaran, langsung aja HAI bagiin buat kalian 5 kejadian besar pada tanggal 1 April yang dianggap banyak orang sebagai lelucon april mop.

1. Tsunami Hawaii

Tsunami Hawaii
Hawaii News Now

Tsunami Hawaii

Pada 1 April 1946, Kepulauan Aleut, Alaska diguncang gempa bumi yang menyebabkan dasar laut terangkat sehingga memicu beberapa gelombang tsunami lintas Pasifik dengan ketinggian 45-130 kaki, sebelum akhirnya menerjang wilayah Hawaii dan menewaskan lebih dari 170 orang.

Meskipun banyak menimbulkan korban jiwa dan merusak ribuan bangunan, bencana ini sempat dianggap orang-orang sebagai lelucon april mop karena terjadi pada tanggal 1 April.

2. Hari Kemerdekaan Iran

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest