Follow Us

Canggih Abis: Di Dubai, Pohon Palem Aja Bisa Ngeluarin Sinyal Wi-Fi

Alvin Bahar - Kamis, 28 Maret 2019 | 14:30
Smart palm
Smart Palm Dubai

Smart palm

HAI-ONLINE.COM - Inovasi terus dikembangkan Dubai demi menjadi 'Smart City'. Salah inisiasi yang dilakukan yaitu dengan menciptakan 'Smart Palm' atau Pohon Palem Pintar.

Disebut pintar, lantaran pohon kelapa buah karya teknologi itu dilengkapi dengan kemampuan untuk memancarkan sinyal WiFi secara gratis, tempat pengisi daya, hingga pusat informasi bagi turis.

Seperti dikutip dari Designboom, Smart Palm kini banyak tumbuh di kawasan pantai kota tersebut.

Proyek Smart Palm dilengkapi dengan enam fungsi utama, yaitu WiFi hotspot yang dapat dimanfaatkan masyarakat dan turis ketika berada di sekitar instalasi.

Selain itu, setiap unit Smart Palm juga dilengkapi fitur keamanan darurat, dimana terdapat kamera CCTV infra merah 360 derajat dan tombol darurat yang dapat diakses langsung.

Baca Juga : Bukan Duit, Rektor UNY Minta Tiket Masuk Konser Dies Natalis Dibayar Pakai IPK

Panel surya juga diletakkan pada masing-masing daunnya, sehingga memungkinkan Smart Palm untuk mengisi daya secara otonom.

Fitur layar sentuh dan aplikasi cerdas juga disematkan untuk menyakalon informasi seputar kota cerdas, situs web khusus hingga aplikasi mobile yang dapat diakses.

Terdapat layar digital luar ruang yang berfungsi menyediakan tampilan pesan layanan masyarakat, informasi dari pemerintah, hingga iklan komersial.

Terakhir, pohon kelapa pintar itu juga dilengkapi dengan fasilitas tempat pengisian daya dan area tempat duduk. Fasilitas itu bahkan disebut dapat mengisi daya 2,5 kali lipat dari fasilitas umumnya.

Nggak hanya dapat dimanfaatkan pada siang hari, di malam hari pun Smart Palm dapat dimanfaatkan turis dan masyarakat yang berada di sekitarnya.

Lampu LED berwarna hijau sengaja disematkan di atas 'daun', sehingga dapat bersinar terang di malam hari.

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Dubai Tanam Pohon Palem Berdaun WiFi"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest