Follow Us

Ezra Walian Resmi Nggak Boleh Bela Timnas Indonesia, Netizen Serang Akun AFC

Bayu Galih Permana - Jumat, 22 Maret 2019 | 10:04
Ezra Walian
www.instagram.com/ezrawalian

Ezra Walian

HAI-Online.com - Kabar buruk datang dari Vietnam, Ezra Walian dipastikan harus mengubur mimpi untuk membela timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Asia U-23 2020 karena pernah bermain bagi timnas U-17 Belanda pada ajang kualifikasi Piala Eropa 2014.

Seperti yang dikutip HAI dari Kompas.com, kepastian ini didapat setelah PSSI menerima surat dari FIFA terkait boleh atau enggaknya penyerang RKC Waalwijk tersebut membela timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

"Berdasarkan data dari dokumen yang kami terima, Ezra Walian tidak berhak meminta berpindah asosiasi karena dia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi sebagai perwakilan Belanda," demikian surat FIFA ke PSSI.

FYI aja nih sob, pada pasal 5 ayat 2 Statuta FIFA disebutkan bahwa seorang pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi, nggak berhak untuk membela asosiasi lain pada pertandingan internasional.

Baca Juga : Selain Monyet Kekar Finlandia, Ini 10 Hewan dengan Tubuh Berotot

Berkaca dari kasus Ezra di kualifikasi Piala Asia U-23 2020, AFC tahu bahwa pemain berusia 21 tahun itu merupakan pemain naturalisasi, sehingga pihaknya lalu meminta dokumen-dokumen pendukung seperti sumpah kewarganegaraan, dekret presiden, atau surat ketetapan lain.

Selain itu, AFC juga meminta PSSI untuk mengirimkan surat dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) yang mengklarifikasi bahwa Ezra Walian belum pernah membela timnas Belanda pada level internasional.

Hingga akhirnya, KNVB pun merespon dengan mengatakan bahwa pesepakbola berdarah Manado tersebut pernah membela timnas U-17 Belanda pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2014.

Ezra Walian pernah membela timnas U-17 Belanda
Transfermarkt

Ezra Walian pernah membela timnas U-17 Belanda

Menanggapi keputusan pahit tersebut, netizen Indonesia langsung merapatkan barisan dengan menyerang akun Instagram resmi dari AFC lewat kolom komentar, salah satunya akun @aslavans yang kemudian membandingkan kasus Ezra dengan pemain Thailand, Charyl Chappuis.

"Bagaimana dengan pemain Thailand Charyl Chappuis? Dia bahkan pernah membela Swiss U-16 dan U-20, tapi kenapa cuma Ezra yang dipermasalahkan? Ini jelas nggak adil," tulis @aslavans.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest