Follow Us

Hasil Foto Pemenang Hadiah Rp 1 Miliar Ini Ternyata 'Dipentaskan'

Dio Firdaus - Rabu, 20 Maret 2019 | 15:41
Foto pemenang HIPA 2019
HIPA

Foto pemenang HIPA 2019

Hai-online.com- Sebuah acara penghargaan fotografi tahunan bertajuk Hamdan International Photography Award (HIPA) telah mengumumkan pemenang tahun ini, dan pemenang itu adalah seorang fotografer asal Malaysia yang bernama Edwin Ong Wee Kee dengan foto yang menunjunkan seorang ibu membawa dua anak di Vietnam.

"Fotonya mendokumentasikan momen kemanusiaan yang intens,” tulis HIPA.

“Perasaan seorang ibu Vietnam yang bisu tersebut tidak mencegahnya untuk tetap berharap dan membangkitkan kekuatan untuk anak-anaknya”.

Tapi eh tapi, hasil keputusan juri itu pun menuai kontroversi setelah sebuah foto behind the scene pengambilan foto wanita Vietnam tersebut tersebar di internet.

Baca Juga : Auto Beli Nggak Nih? Supreme Bakal Rilis Kursi Sutradara Minggu Ini

sesi pemotretan foto ibu di Vietnam
Facebook.com/AbRashid

sesi pemotretan foto ibu di Vietnam

Seperti yang kamu bisa liat, sekumpulan fotografer berkumpul untuk memotret sang ibu Vietnam diwaktu yang bersamaan. Artinya, foto milik Kee hanyalah salah satu dari sejumlah foto yang hampir sama.

Perlu diingat kalau HIPA adalah penghargaan fotografi umum dan bukan kontes foto jurnalistik, jadi nggak ada aturan yang dilanggar dalam kasus ini.

Tapi fakta kalau salah satu dari beberapa foto serupa memenangkan hadiah uang tunai 120 ribu dollar AS pasti bikin fotografer lain –yang di tempat itu- bete abis.

Gimana menurut lo sob? Apakah ini curang? Atau nggak adil?

Source : PetaPixel

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest