Follow Us

Down Semaleman, Ternyata Ini yang Terjadi pada Facebook dan Keluarganya

Syifa - Kamis, 14 Maret 2019 | 11:47
Facebook
Josh Edelson / AFP

Facebook

HAI-Online.com - Sejak semalam, banyak banget orang yang ngeluh bahwa Facebook dan media sosial yang ada di keluarganya; Instagram dan Whatsapp, nggak bisa dipakai sama sekali. Ternyata, hal ini bukan diakibatkan sama lemotnya jaringan internet lo, tapi ada gangguan secara global.

Para pengguna bilang bahwa mereka mengalami kendala saat mengirim pesan menggunakan Messenger, mereka juga nggak bisa posting konten di Facebook, Instagram, dan kirim gambar atau video via Whatsapp.

Gangguan ini ternyata mulai terjadi sejak Kamis (14/3) dini hari waktu Indonesia atau pukul 13.00 waktu AS. Dan sampai tadi pagi, platform media sosial tadi masih error terus.

Baca Juga : 10 Situs Web untuk Download Foto Stock yang Gratis dan Legal

Melalui akun Twitternya, Facebook masih belum ngejelasin apa sih yang menyebabkan gangguan ini terjadi, tapi mereka mengkonfirmasi bahwa gangguan ini bukan disebabkan adanya serangan DDoS.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah untuk mengakses kumpulan aplikasi milik Facebook. Kami sedang bekerja untuk mengatasi masalah ini secepat mungkin," tulis Facebook.

Instagram pun udah posting klarifikasi via akun Twitter mereka bahwa gangguan ini bakalan dibenerin secepatnya.

Dilansir dari Kompas.com, sejumlah pengguna di beberapa negara melaporkan masih adanya gangguan. Bahkan gangguannya juga berdampak pada layanan lain yang terhubung sama Facebook, kayak Oculus VR.

Di seluruh dunia, gangguan ini dimulai dari wilayah Amerika Serikat yang kemudian meluas ke seluruh dunia. Brazil jadi negara yang katanya mengalami gangguan paling parah.

Di Indonesia sendiri, masalah yang muncul biasanya berbeda-beda untuk tiap orang. Tapi masalahnya rata-rata sama, kayak tombol posting di Instagram yang nggak bisa dipake, nggak bisa posting Instagram stories, dan nggak bisa nge-refresh feed.

Kalau di Whatsapp sendiri, beberapa pengguna mengeluh nggak bisa update status dan ngirim video, foto, dan dokumen lainnya ke kontak yang mereka tuju.

Gangguan kayak gini bukan pertama kali terjadi. Pada 2017 lalu, sejumlah pengguna juga melaporkan nggak bisa mengakses aplikasi dan nggak bisa ngirim pesan satu sama lain. (*)

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest