Follow Us

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Merayakan Hari Musik Nasional

Alvin Bahar - Jumat, 08 Maret 2019 | 15:54
Cassette Store Day 2017, Yogyakarta
CSD 2017

Cassette Store Day 2017, Yogyakarta

HAI-ONLINE.COM - Ada yang tahu 9 Maret itu hari apa? Kalo ada yang jawab Hari Musik Nasional, bener banget! Tanggal tersebut dipilih sebagai Hari Musik Nasional karena Wage Rudolf Soepratman lahir pada 9 Maret (Walau pada akhirnya ketahuan WR Soepratman lahir pada 19 Maret).Alasan adanya Hari Musik Nasional adalah, pemerintah ingin meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para insan Indonesia, serta untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional, dan internasional. Disebutkan pula, musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional, yang mempresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan, serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Baca Juga : Dari Pemilihan Tanggal Hingga Penetapan, Yuk Simak Sejarah Hari Musik Nasional!Intinya, penetapan Hari Musik Nasional adalah upaya untuk meningkatkan apresiasi terhadap musik Indonesia. Meski baru dicanangkan pada 2013, sebenarnya usulan Persatuan Artis, Pencipta dan Rekaman Musik Indonesia (PAPRI) itu sudah bergaung sejak era Megawati Soekarnoputri menjabat sebagai presiden, 2003 silam. Buat kamu pecinta musik, tetep ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan buat merayakan Hari Musik Nasional kok. Mau tau?1. Pake kaos band lokal

Raisa pake kaos Seringai, Seringai pake kaos Raisa.
Arian 13/Raisa

Raisa pake kaos Seringai, Seringai pake kaos Raisa.

Membeli dan bangga pake merch band Indonesia bisa jadi tanda kamu dukung musik lokal. Harganya yang lebih murah dari merchandise band luar negeri bisa jadi poin lain.

Pakai kaos band lokal favoritmu di Hari Musik Nasional. Kalo nggak ada, beli! Ingat, jangan yang bootleg, ya…

2. Beli rilisan fisik musisi lokal

Cewek Hai Jubilee Marisa Guitarra
Dok. Hai

Cewek Hai Jubilee Marisa Guitarra

Nggak punya kaos band lokal, dan belum punya uang cukup buat beli? Tenang, rayakan Hari Musik Nasional dengan beli rilisan fisik musisi lokal. Kalo perlu, datangi record store di kota kamu karena kini jumlahnya semakin sedikit. Dukung terus ekosistem musik lokal!

3. Dateng ke gigs

Gigs HAI DEMOS
HAI

Gigs HAI DEMOS

Kebetulan, 2019 ini Hari Musik Nasional jatuh pada hari Sabtu. Biasanya, weekend selalu ada aja gigs lokal. Datangi, beli tiket, dan kalo ada penjualan merch, beli juga! Coba cari tau ada apa di scene kotamu minggu ini dan hadirilah.

4. Dengerin karya band lokal seharian.

Cover album The SIGIT dan Monkey to Millionaire
Kolase

Cover album The SIGIT dan Monkey to Millionaire

Cara paling murah dan mudah: buka Spotify dan YouTube, dengerin karya-karya band lokal, seharian. Ingat, setiap play kamu di situs streaming turut andil juga ke keuangan band. Dedikasikan Hari Musik Nasional buat dengerin band lokal yuk!

5. Sebarkan band lokal favoritmu di media sosialMedia sosial adalah jendela dunia baru yang bisa digunakan untuk banyak kebaikan. Salah satunya, untuk membuat band lokal favoritmu makin terkenal di dunia maya. Mari jadi “street team” di dunia digital buat band favorit, karena sharing is caring, kan?

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular