Follow Us

Ini Tanggal, Syarat, Biaya Pendaftaran dan Tahapan UTBK 2019

Dio Firdaus - Sabtu, 02 Maret 2019 | 15:30
Para peserta ujian SBMPTN berbasis komputer (UTBK) di salah satu panitia lokal Jakarta Kampus UI Dep
Kompas.com

Para peserta ujian SBMPTN berbasis komputer (UTBK) di salah satu panitia lokal Jakarta Kampus UI Dep

Hai-online.com- Untuk yang sekarang berada di kelas 12, udah pada siap-siap belum nih daftarin diri ikut Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)? Pelajar pastinya udah tau lah ya apa itu UTBK, tapi kalau kamu yang belum tau, UTBK adalah salah satu syarat bagi siswa yang ingin mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2019.Pendaftara UTBK sendiri sudah dibuka mulai 1 Maret lalu sob dan menurut website resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, pendaftarannya akan dibagi dalam dua gelombang.Gelombang pertama pada 1 - 24 Maret 2019 dan gelombang kedua pada 25 Maret - 1 April 2019.Pelaksanaan UTBK pun dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama diadakan pada 13 April - 4 Mei 2019 dan khsusus untuk Tuna Netra pada 4 Mei 2019 pukul 07.30 - 11.45.Gelombang kedua tesnya akan digelar pada 11 Mei - 26 Mei dan khusus Tuna Netra pada 25 Mei 2019 pukul 07.30 - 11.45.

Baca Juga : Kodaline Ternyata Pernah ‘Diusir Paspampres’ Hingga 'Ngamen' di JakartaSama seperti SBMPTN tahun lalu, UTBK akan dibagi menjadi dua fokus, Saintek dan Soshum. Namun bedanya dengan SBMPTN, kamu bisa mengikuti UTBK ini maksimal 2 kali, sob.Kamu bisa memilih entah itu ikut ujian soshum satu kali dan saintek satu kali, atau masing-masing dua kali -soshum dua kali atau saintek dua kali-.Namun perlu diingat, untuk bisa mengikuti UTBK dua kali, kamu harus mendaftar di gelombang pertama dan gelombang ke dua, sebagaimana HAI himpun dari laman LTMPT.Ada juga persyaratan yang harus kamu taati, sob. Pertama, peserta merupakan siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada 2019 atau peserta didik paket C 2019.Kedua, peserta merupakan lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat tahun 2018 atau lulusan paket C 2017 dan 2018. Terakhir, peserta harus membayar biaya UBTK 2019 sebesar Rp 200.000. Biaya tersebut bisa dibayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BNI atau Bank BTN dan untuk peserta Bidikmisi yang dinyatakan lolos persyaratan nggak akan dipungut biaya.Udah baca persyaratan, biaya dan jadwalnya? Begini nih tahapan mengikuti UTBK:

1. Daftar melalui laman resmi LTMPT menggunakan NISN, NPSN dan email untuk mendapatkan username dan password.

2 Meungunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK

3. Membayar di Bank Mandiri, Bank BNI atau Bank BTN mengunakan slip pembayaran yang di mana harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam. Kecuali bagi peserta Bidikmisi ya, sob.

4. Login ke laman pendaftaran untuk mencetak kartu peserta UTBK

5. Belajar, berdoa, dan mempersiapkan semua yang dibutuhkan untuk UTBK sesuai dengan tangga, sesi dan lokasi yang kamu pilih.Semangat sob! Semoga bisa dapat universitas yang kamu inginkan!

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest