Follow Us

Awas! Sering Menunda Kerjain PR Ternyata Buruk Buat Kesehatan

Alvin Bahar - Sabtu, 23 Februari 2019 | 10:27
Pengakuan Joki PR
HAI

Pengakuan Joki PR

HAI-ONLINE.COM - Siapa nih yang suka ngerjain pekerjaan rumah (PR) di detik-detik terakhir, hingga bikin begadang dan kurang tidur? Jangan dilakukan lagi ya.

Sering menunda pekerjaan ternyata berdampak buruk pada tubuh lho. Awal dari kurang tidur hingga berubah menjadi berbagai masalah kesehatan.

Menunda pekerjaan nggak hanya membuat daftar pekerjaan kamu semakin panjang, tapi juga memaksa pelakunya untuk begadang dan memikirkan pekerjaan sepanjang malam. Kondisi ini otomatis memangkas waktu istirahat.

Sebuah penelitian yang melibatkan 600 orang di Israel menyebutkan, bahwa menunda pekerjaan meningkatkan risiko insomsia atau susah tidur hingga tiga kali lipat. Soalnya otak yang seharusnya istirahat, dipaksa melakukan pekerjaan yang harusnya bisa diselesaikan beberapa hari sebelumnya.

Baca Juga : Menghilang Hampir 40 Tahun, Lebah Terbesar di Dunia Ditemukan Kembali di Indonesia

“Menunda pekerjaan akan membebani pikiran. Terlebih jika tenggat waktu pekerjaan sudah dekat, orang tersebut akan mudah terserang rasa khawatir,” ujar Illana Hairston, Ph.D dari The Academic College of Tel Aviv di Israel.

Kondisi ini membuat jadi susah tidur. Kalo kondisi ini diulang terus, pasti akan berakibat buruk pada kesehatan.

“Kurang tidur, menurunnya konsentrasi, dan gampang stres bisa berubah jadi berbagai macam penyakit,” kata Illana.

Penyakit seperti gangguan jantung, gangguan metabolisme tubuh, menurunnya kekebalan tubuh, sampai masalah seksual bisa menyerang mereka yang kekurangan waktu istirahat. Tak hanya itu, kulit juga bisa tampak lebih tua dan kusam.

Untuk itu, Illana menyarankan agar tiap orang mulai meninggalkan kebiasaan menunda pekerjaan. Demi kebaikan mereka sendiri.

“Lakukan sekarang juga. Jangan ditunda,” tegas Illana.

Tuh!

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular