Follow Us

Ngalahin Singapura, Indonesia Punya Unicorn Terbanyak di Asia Tenggara

Dewi Rachmanita - Senin, 18 Februari 2019 | 18:35
Gojek jadi pilihan transportasi yang cepat dan praktis
Tribunnews

Gojek jadi pilihan transportasi yang cepat dan praktis

Hai-Online.com - Bukan kartun kuda bertanduk, Unicorn yang satu ini berhubungan dengan startup yang punya nilai valuasi lebih dari $1 miliar. Di Indonesia, startup yang punya gelar Unicorn ada empat, yaitu Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka.

Jumlah ini Unicorn startup Indonesia ini pun jadi nomor satu di Asia Tenggara dan nomor empat di dunia.

Jumlah startup di Indonesia sendiri menurut Startup Ranking ada 2.041. Hal ini bikin Indonesia masuk lima besar negara dengan jumlah startup terbanyak bro, yakni posisi empat. Peringkat satu sendiri diperoleh Amerika Serikat dengan 28.794 startup, lalu Indonesia dengan 4.713 startup di posisi kedua, dan Inggris di posisi ketiga dengan 2.971 startup.

Baca Juga : Jalan-Jalan Tanpa Nyampah ala Swietenia Puspa, Inisiator Divers Clean Action

Nggak cuma unggul dalam jumlah startup, Indonesia juga punya startup bergelar Unicorn terbanyak di Asia Tenggara. Dari tujuh Unicorn startup di Asia Tenggara, empat di antaranya berasal dari Indonesia. Sisa Unicorn lainnya, yaitu Revolution Precrafted (Filipina), Grab dan Sea Ltd (Singapura).

Di Indonesia, startup pertama yang menyandang gelar Unicron adalah Go-Jek. Sejak 2016, ia mendapat tambahan pendanaan sebesar $550 juta.

Pencapain ini nggak mudah diraih Go-Jek, butuh sekitar 6 tahun setelah berdiri hingga akhirnya penyedia jasa ojek online dan jasa sehari-hari lainnya ini meraih Unicorn. Sampai sekarang, ia pun makin berkebang dan mendapat suntikan dana dari berbagai pihak.

Selain Go-Jek, Tokopedia menjadi Unicorn startup asal Indonesia. Market place ini meraih gelar Unicorn pada 2017 setelah mendapat pendanaan sebesar $1,1 miliar dari Alibaba.

Lalu, ada Traveloka yang mendapat gelar Unicorn pun pada 2017 setelah mendapat kucuran dana sebesar $350 juta dari Expedia. Bukalapak pun turut menjadi Unicorn startup dengan investor utama dari Emtek Group.

Baca Juga : Debat Capres Bahas Pencemaran Lingkungan, Ternyata Bukan Cuma Laut, Sungai Kita Tercemar Juga!

Nampaknya, jumlah Unicorn startup Indonesia bakal terus bertambah bro. Dilansir dari Kompas.com, Ruangguru yang bergerak di bidang pendidikan dalam perkembangannya berhasrat untuk gelar tersebut.

"Target jadi Unicorn kapan? Mudah-mudahan 2-3 tahun ke depan Karena sekarang itu banyak yang enggak tahu kalau Ruangguru itu beda dari yang lain, kami profitable jadi sudah menguntungkan," kata Adimas Belva Syah Devara, CEO Ruangguru kepada Kompas.com. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest